Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Wuling Almaz Buktikan Bukan SUV Kacangan

Berita Otomotif

Wuling Almaz Buktikan Bukan SUV Kacangan

JAKARTA – Wuling Almaz berhasil membuktikan kualitasnya sebagai SUV Medium yang mampu menempuh medan jalan-jalan menantang.

Sebagai bagian dari kegiatan Almaz Smart Journey etape kedua, Mobil123.com ditantang menaklukkan rute Bandung – Pangandaran – Tasikmalaya. Perjalanan tersebut tidak hanya menunjukkan kemampuan mesin 1.5-liter turbo milik Wuling Almaz, namun memberikan kami kesempatan untuk menikmati perjalanan dengan fitur canggih yang tersematkan di dalamnya.

Memulai perjalanan dari stasiun kereta Bandung atau yang lebih dikenal dengan stasiun Hall, rombongan disapa dengan hiruk-pikuk kota Kembang nan padat. Fitur Smart Multimedia yang mengandalkan monitor vertikal sebesar 10.4 inci langsung memberikan kesan menyenangkan dalam kendaraan.

Dengan mengandalkan Wuling Link, proses mirroring dari smartphone ke monitor besar Almaz menambah pengalaman baru kami, dalam menikmati perjalanan. Adapun layar tersebut juga mendukung aksi touchscreen, sehingga memudahkan pengoperasikan – meskipun masih terdapat sedikit jeda.

Wuling Almaz yang kami gunakan dihuni oleh 4 orang penumpang. Beberapa gimmick dari panitia membuat kami harus aktif di dalam kendaraan, sambil mengabadikan momen untuk bahan tulisan. Namun kegiatan kami tidak menjadi soal karena interior Almaz cukup luas. Terlebih jok semi kulit dengan desain mewah menambah kenyamanan saat berkendara.

Setelah menjalani seremonial flag off di dealer Wuling Arista Bandung Suci, perjalanan menantang kami resmi dimulai. Destinasi pertama kami adalah pesisir Pangandaran dengan menu jalanan berkelok, berlubang dan diiringi hujan lebat. Pengendalian kendaraan juga lebih mudah karena alat kemudi terasa ringan di tangan dan lembut di genggam.

Fitur keselamatan seperti ABS, EBD dan BA serta Electronic Stability Control (ESC) pada Wuling Almaz membantu kami dalam menjalani perjalanan. Fitur-fitur keselamatan tersebut di atas menjaga kendaraan tetap di jalurnya. Ditambah lagi dengan Traction Control System (TCS), Automatic Vehicle Holding (AVH), Hill Hold Control (HHC) hingga Emergency Stop Signal (ESS) ikut menambah rasa percaya diri pengendara.

Misi untuk menyelesaikan perjalanan terus berlanjut hingga malam hari. Destinasi HAU Citumang telah menunggu kami untuk beristirahat. Perlu diakui bahwa dengan mengandalkan mesin 1.5-liter turbocharged, bodi besar Almaz tidak memberikan pengaruh pada outputnya. Artinya mobil tetap bisa diajak bermanuver dengan lincah.

Sayangnya pihak Wuling Motors masih merahasiakan bobot total kendaraan dan kompresi mesin yang digunakan Almaz. Namun yang bisa mereka publikasikan hanya besaran tenaga yang mencapai 140 hp pada 5.200 rpm dan torsi 250 Nm pada 1.600 – 3.600 rpm.

Besarnya tenaga Wuling Almaz memang baru didapatkan ketika pedal gas ditekan jauh lebih dalam. Dan sistem ECU juga membutuhkan waktu beberapa detik untuk merespon permintaan pengendara. Sehingga ketika kami melakukan akselerasi guna menyalip kendaraan lain harus menggunakan mode berkendara sport agar lebih responsif.

Namun gaya berkendara tersebut secara langsung memberikan dampak pada penggunaan bahan bakar. Terlihat pada layar MID (Multi Information Display) penggunaan bahan bakar mencapai 9 km/liter. Hasil yang lebih baik (11.3 km/liter) bisa dicapai ketika gaya berkendara lebih halus dan memanfaatkan momentum.

Memasuki kota Tasikmalaya, rombongan disuguhi dengan pemandangan alam menakjubkan. Selain itu, fitur panoramic sunroof juga menambah kenikmatan berkendara. Terlebih sajian musik yang kami putar melalui aplikasi spotify dan disinkronisasikan pada Smart Multimedia Almaz, juga didukung oleh produk speaker Infinity by Harman.

Fitur keselamatan lain yang juga berguna namun tidak berminat kami uji adalah dual front and side airbag. Wuling Almaz dipasarkan dengan harga Rp 318.8 juta on-the road Jakarta. Banderol ini cukup memuaskan karena pesaingnya di kelas Medium SUV menetapkan harga yang lebih tinggi.

Perjalanan berakhir di Tasikmalaya tanpa mengalami kendala berarti. Produk SUV pertama dari Wuling Motors ini berhasil memuaskan kami dalam melakukan pengujian kendaraan selama 3 hari. Kami juga mendapat pengalaman berharga dalam menikmati mobil bertabur fitur premium seperti Wuling Almaz. [Dew/Ari]



Denny Basudewa

Denny Basudewa

Reporter

Cowok kelahiran Bogor, Jawa Barat ini gemar mendalami seluk beluk dunia otomotif. Dunia jurnalistik telah menjadi passion hidupnya sehingga ingin terus memberikan informasi seputar otomotif pada masyarakat.


Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang