Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Dapatkan Pengalaman 10x Lebih Cepat
4.4
33,336

Berita Populer

Hyundai Motors Indonesia Perkenalkan 2 Lini Produk Baru dan Layanan Tukar Tambah Kendaraan Selama IIMS 2024
Berita Utama

Hyundai Motors Indonesia Perkenalkan 2 Lini Produk Baru dan Layanan Tukar Tambah Kendaraan Selama IIMS 2024

Berita Otomotif

 

JAKARTA - PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) telah mengumumkan partisipasinya dalam Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024, yang akan diselenggarakan di Hall D, JIExpo Kemayoran, pada tanggal 15-25 Februari 2024. 

Acara ini menjadi panggung bagi Hyundai untuk memperkenalkan 2 lini produk terbarunya dan menyajikan program inovatif yang sesuai dengan komitmen Hyundai sebagai pelopor dalam industri otomotif dan pemimpin dalam bidang elektrifikasi.

Hyundai hadir dengan sebuah booth bertema "Hyundai EV, Explore More," yang menonjolkan komitmen perusahaan dalam memimpin elektrifikasi mobilitas dengan teknologi terkini dan ekosistem kendaraan listrik yang komprehensif.

Di booth ini, pengunjung dapat melihat pameran dari seluruh jajaran kendaraan Hyundai di Indonesia, termasuk model-model terbaru yang mencakup kendaraan listrik (EV).

Pengalaman Langsung Melalui Test Drive

Foto: Foto: Mada/Carmudi

Pengunjung IIMS 2024 memiliki kesempatan eksklusif untuk merasakan langsung performa dan fitur unggulan dari lini kendaraan Hyundai melalui sesi test drive di Hyundai Exclusive test drive area. 

Dengan akses langsung dari booth Hyundai, pengunjung dapat menjajal 11 unit test drive yang terdiri dari berbagai model seperti CRETA, STARGAZER, IONIQ 5, dan lainnya.

HMID berkomitmen untuk meningkatkan kenyamanan pelanggan dengan menyediakan berbagai layanan aftersales inovatif. 

Program Hyundai hadir untukmu memberikan pengalaman tanpa khawatir bagi pengguna Hyundai dengan layanan diagnosis kendaraan, layanan Hyundai Before Service™, dan Hyundai Owner Assurance Program yang menawarkan berbagai manfaat bagi pelanggan, termasuk jaminan penggantian mobil baru, harga jual kembali yang terjamin, perlindungan pembayaran, perlindungan pelanggan, dan perlindungan ban.

Kemudahan Tukar Tambah Kendaraan

HMID juga memudahkan pelanggan yang ingin melakukan tukar tambah dengan produk Hyundai melalui program Resale Value Guarantee. 

Pelanggan dapat mendapatkan nilai jual kembali yang terjamin serta pengalaman berbelanja yang praktis.

Program Hyundai Owner Assurance yang ditawarkan oleh Hyundai Motors Indonesia kepada pelanggan yang membeli kendaraan model STARGAZER dan CRETA pada tahun 2024. Berikut penjelasan lebih detail tentang setiap poin dalam program tersebut:

New Car Replacement Guarantee

Program ini menawarkan jaminan penggantian mobil baru dengan tipe, warna, dan spesifikasi yang sama jika mobil yang dibeli mengalami kerusakan minimal 65%. Jaminan ini berlaku sampai dengan 1 tahun setelah mobil dikirim kepada pelanggan.

Resale Value Guarantee 

Hyundai menjamin bahwa pelanggan akan mendapatkan harga jual kembali setidaknya 70% dari harga pembelian awal ketika mereka melakukan trade-in dengan mobil Hyundai apapun pada tahun ke-3 kepemilikan. Ini memberikan kepastian nilai investasi kepada pelanggan.

Payment Protection Program

Program ini memberikan jaminan pelunasan pembiayaan selama masa tenor kepada pemilik kendaraan jika mereka mengalami kecelakaan. Program ini khusus untuk pelanggan yang memperoleh pembiayaan melalui Hyundai Finance, memberikan perlindungan finansial tambahan.

Customer Protection Program

Program ini menawarkan jaminan biaya perawatan medis bagi pengendara dan penumpang hingga maksimal 7 orang dengan biaya hingga Rp100.000.000 per individu jika mereka mengalami kecelakaan. Perlindungan ini berlaku hingga 1 tahun setelah mobil diterima oleh pelanggan, memberikan rasa aman tambahan kepada pemilik kendaraan dan penumpang.

Tire Protection Program

Program ini memberikan jaminan penggantian biaya pembelian ban baru dengan tipe dan ukuran yang sama jika ban mengalami kerusakan akibat kecelakaan. Manfaat ini berlaku selama 1 tahun setelah serah terima kendaraan, memberikan perlindungan terhadap risiko kerusakan ban.

Dengan menyediakan berbagai program perlindungan dan jaminan seperti ini, Hyundai Motors Indonesia bertujuan untuk memberikan keamanan, kenyamanan, dan kepercayaan kepada pelanggan mereka, sehingga memperkuat hubungan jangka panjang antara merek dan konsumen.

Layanan After-Sales Inovatif

Foto: Hyundai Motors Indonesia

Selain layanan yang tersedia selama IIMS 2024, pengguna Hyundai di seluruh Indonesia juga dapat menikmati layanan aftersales inovatif seperti Hyundai Call Center 24 jam, layanan Roadside Assistance, layanan Mobile Service, serta garansi dan layanan pemeliharaan yang komprehensif.

Layanan yang disediakan oleh Hyundai Motors Indonesia sebagai bagian dari layanan aftersales mereka, yang bertujuan untuk meningkatkan kenyamanan dan kepuasan pelanggan. Berikut adalah penjelasan singkat tentang setiap poin:

Gratis Uji Emisi Kendaraan

Hyundai Motors Indonesia menyediakan layanan uji emisi kendaraan secara gratis, yang membantu pemilik kendaraan untuk memastikan bahwa emisi gas buang kendaraan mereka sesuai dengan standar yang ditetapkan oleh pemerintah.

Gratis Multi Inspection Kendaraan

Layanan ini mencakup pemeriksaan menyeluruh terhadap berbagai komponen kendaraan untuk memastikan bahwa semuanya berfungsi dengan baik dan aman. Ini dapat membantu mengidentifikasi masalah potensial sebelum mereka menjadi masalah yang lebih besar.

Gratis Waterless Car Wash 

Hyundai Motors Indonesia menawarkan layanan pencucian mobil tanpa air secara gratis. Metode ini lebih ramah lingkungan dan efisien dalam penggunaan sumber daya air.

Gratis Pengisian Nitrogen

Layanan ini melibatkan pengisian nitrogen ke dalam ban kendaraan, yang dapat membantu menjaga tekanan udara yang tepat dalam ban dan memperpanjang umur pakai ban.

Gratis Scanning Hyundai dengan GDS 

Hyundai menyediakan layanan pemindaian kendaraan menggunakan perangkat pemindaian diagnostik yang canggih (GDS) secara gratis. Ini membantu dalam mengidentifikasi masalah teknis atau perawatan yang diperlukan pada kendaraan Hyundai.

Free 2L Oli Shell (Untuk Penggantian Oli)

Hyundai memberikan 2 liter oli Shell secara gratis sebagai bagian dari layanan penggantian oli pada kendaraan pelanggan. Ini membantu dalam menjaga kinerja mesin kendaraan dan memperpanjang umur mesin.

Voucher Potongan untuk Service Selanjutnya 20%

Hyundai memberikan voucher potongan harga sebesar 20% untuk layanan perawatan selanjutnya. Ini memberikan insentif kepada pelanggan untuk melakukan perawatan berkala pada kendaraan mereka di bengkel resmi Hyundai.

Layanan Purnajual Hyundai Lainnya

Selain layanan Hyundai Before Service™ pada service point yang tersedia selama IIMS 2024, pengguna Hyundai di seluruh Indonesia dapat menikmati berbagai layanan aftersales inovatif seperti:

Hyundai Call Center 24 Jam 

Layanan ini menyediakan akses kepada pelanggan Hyundai untuk menghubungi pusat layanan pelanggan selama 24 jam sehari, 7 hari seminggu. Pelanggan dapat menghubungi nomor 0-800-1-878-878 untuk mendapatkan bantuan atau informasi terkait kendaraan mereka.

Gratis 24 Jam Roadside Assistance

Hyundai menyediakan layanan bantuan darurat 24 jam untuk membantu pelanggan yang mengalami masalah di jalan, seperti mogok atau kehabisan bahan bakar. Layanan ini dapat diakses melalui Hyundai Call Center.

Gratis 24 Jam Emergency Mobile Charging Service 

Layanan ini memberikan bantuan pengisian daya darurat untuk kendaraan listrik Hyundai selama masa garansi. Layanan ini tersedia di beberapa wilayah, yaitu Jabodetabek, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Denpasar, dan Medan, dan dapat diakses melalui Hyundai Call Center.

Layanan Mobile Service

Hyundai menyediakan layanan perawatan mobil yang memungkinkan teknisi Hyundai untuk datang langsung ke lokasi pelanggan untuk melakukan perawatan atau perbaikan kendaraan.

Garansi Dasar 3+1 Tahun atau 100.000 km

Hyundai memberikan garansi dasar untuk kendaraan baru selama 3 tahun atau 100.000 km, dengan opsi perpanjangan garansi hingga 1 tahun tambahan.

Gratis Biaya Jasa Perawatan hingga 5 Tahun atau 75.000 km

Hyundai menawarkan gratis biaya jasa perawatan untuk kendaraan baru hingga 5 tahun atau 75.000 km, tergantung pada mana yang tercapai lebih dulu.

Gratis Suku Cadang hingga 3+1 Tahun atau 60.000 km

Hyundai menyediakan suku cadang gratis untuk perawatan rutin bagi pelanggan CRETA & STARGAZER hingga 3 tahun atau 60.000 km, dengan opsi perpanjangan garansi hingga 1 tahun tambahan.

Gratis Suku Cadang hingga 3 Tahun atau 45.000 km

Layanan serupa seperti poin sebelumnya, namun berlaku untuk pelanggan STARIA, IONIQ 5, SANTA FE.

Garansi Baterai Kendaraan Listrik selama 8 Tahun atau 160.000 km

Hyundai memberikan garansi baterai kendaraan listrik selama 8 tahun atau 160.000 km untuk pelanggan mobil listrik.

Gratis AC Home Charger dan Biaya Instalasi

Hyundai memberikan AC home charger gratis beserta biaya instalasinya kepada pelanggan yang membeli kendaraan listrik Hyundai.

Gratis Portable Charger 

Layanan ini menyediakan portable charger gratis untuk pelanggan yang membeli kendaraan listrik Hyundai.

Aktivitas Menarik dan Interaktif

Foto: Mada/Carmudi

Selain itu, HMID menyajikan beragam aktivitas menarik, termasuk game interaktif seperti EV Leadership Wall & Quiz, Say Hyundai, dan Pixel Box Games, serta fasilitas photobooth "Say No to Ordinary" untuk mengabadikan momen kebersamaan pengunjung.

Kehadiran Hyundai Motors Indonesia dalam IIMS 2024 menunjukkan komitmen perusahaan dalam menyajikan inovasi terbaru, memberikan pengalaman terbaik bagi pelanggan, dan memperkuat posisinya sebagai pemimpin dalam industri otomotif. 

Dengan berbagai lini produk terbaru, program inovatif, dan layanan pelanggan yang komprehensif, Hyundai siap memenuhi kebutuhan dan ekspektasi konsumen di Tanah Air.

Ayo bergabung dengan di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024 dan kunjungi booth PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) di Hall D JIExpo Kemayoran! Mulai dari tanggal 15 hingga 25 Februari.

Hyundai akan menyajikan pengalaman yang tak terlupakan tentang kendaraan-kendaraan terbaru dari Hyundai dan berbagai layanan inovatifnya. 

Jangan lewatkan kesempatan untuk mendapatkan gambaran komprehensif tentang teknologi terkini, desain yang memukau, dan kenyamanan yang ditingkatkan yang ditawarkan oleh Hyundai.

Saat Anda mengunjungi booth HMID, Anda akan merasakan langsung kualitas dan performa kendaraan Hyundai melalui test drive eksklusif yang disediakan. 

Temukan jajaran lengkap produk terbaru kami dan nikmati layanan purna jual yang memuaskan. 

Jadi, tandai tanggalnya di kalender Anda dan datanglah bersama keluarga dan teman-teman Anda untuk menemukan pengalaman berkendara yang belum pernah Anda rasakan sebelumnya, hanya di Hyundai Motors Indonesia di IIMS 2024!

Informasi selengkapnya mengenai kegiatan dan produk Hyundai terkini dapat Anda temukan di laman resmi HMID atau berbagai kanal medsos HMID, seperti Instagram @HyundaiMotorIndonesia, YouTube Hyundai Motors Indonesia, Facebook Hyundai Motors Indonesia, dan Twitter @HyundaiMotorID. [ADV/Tutus]

MG4 EV Rakitan Indonesia Turun Harga Lagi, Khusus bagi 3.000 Pemesan Pertama!
Berita Utama

MG4 EV Rakitan Indonesia Turun Harga Lagi, Khusus bagi 3.000 Pemesan Pertama!

Mobil Listrik

JAKARTA – MG4 EV produksi Indonesia turun harga untuk yang kedua kalinya. Tapi, penurunan harga kali ini diberikan dalam kuota yang terbatas.

Sekadar mengingatkan, MG4 EV tipe Magnify rakitan lokal mengaspal di Indonesia pada Januari 2024. Harganya ketika itu turun Rp266 juta ketimbang model versi impor utuh (completely built up/CBU) dari tipe yang sama, menjadi Rp433 juta on the road (OTR) Jakarta.

Di sela-sela Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024 pada 15-25 Februari di Kemayoran, Jakarta, MG alias Morris Garages mengumumkan reduksi harga lagi sebesar Rp10 juta untuk MG4 EV buatan dalam negeri. Alhasil, harganya pun menjadi Rp423 juta OTR Jakarta.

<related>

MG4 EV

Akan tetapi, harga spesial MG4 EV produksi nasional hanya diberikan kepada 3.000 pemesan pertama.

Program bernama ‘Harga Apresiasi Spesial’ ini disebut sebagai bagian dari komitmen MG dalam mendukung transisi menuju kendaraan listrik di pasar otomotif Indonesia, juga sebagai bentuk penghargaan atas dukungan konsumen yang memilih MG dalam bertransisi.

"Kami berkomitmen untuk menciptakan masa depan yang lebih baik, dan program ini adalah salah satu cara kami untuk mewujudkannya," kata Chief Operating Officer PT SAIC Motor Indonesia (MG Indonesia) Donald Rachmat dalam konferensi pers.

MG4 EV

Sebanyak 3.000 konsumen pertama MG4 EV rakitan lokal tak hanya akan mendapatkan harga spesial Rp423 juta OTR Jakarta. Mereka juga bakal diberikan keistimewaan garansi baterai seumur hidup (Life Warranty Battery), selain program umum seperti gratis servis dan suku cadang 5 tahun atau 75 ribu km.

“Melalui peluncuran program Apresiasi Harga dan Life Warranty Battery untuk MG 4 EV, kami ingin mengirimkan pesan yang jelas kepada konsumen kami bahwa kami serius dalam mendukung perjalanan mereka menuju mobilitas hijau. Kami tidak hanya memberikan penawaran yang sangat menarik dari segi harga, tapi juga menjamin ketenangan pikiran untuk jangka panjang dengan garansi baterai seumur hidup,” ucap Marketing and Public Relations Director MG Indonesia Arief Syarifudin.

MG4 EV buatan pabrik SAIC Group di Cikarang, Bekasi akan dikirimkan secara bertahap mulai Februari 2024.

Mobil ini berkonsep desain ‘Energetic Agility’ bertema avant-garde, dengan jarak tempuh 425 km dan sistem pengecasan cepat (fast charging) plus fitur-fitur yang mentereng dan canggih seperti Vehicle to Load (V2L) serta teknologi semiotonom MG Pilot. [Xan]

Suzuki Jimny 5-door Siap Bikin Heboh Pasar Mobil Indonesia
Berita Utama

Suzuki Jimny 5-door Siap Bikin Heboh Pasar Mobil Indonesia

Panduan Pembeli

Suzuki Jimny 5-door siap melanjutkan kehebohan yang dibuat oleh versi 3-door di pasar Indonesia.

Tak bisa dimungkiri, Suzuki Jimny merupakan salah satu ‘maha karya’ dari jenama asal Jepang yang berdiri pada 1909 ini. Sport utility vehicle (SUV) tersebut sangat ikonik tak hanya di Indonesia, tapi juga di pasar otomotif global.

Menyadari tingginya minat para pecinta otomotif di Tanah Air, Suzuki Jimny 5-door dari generasi keempat pun resmi mengaspal dalam Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024 yang berlangsung pada 15-25 Februari di JIExpo Kemayoran, Jakarta.

Sebelumnya, pada 2019, Suzuki Jimny 3-door generasi keempat sudah lebih dahulu hadir. Model ini menciptakan kehebohan di jagat otomotif Indonesia karena besarnya atensi konsumen plus panjangnya antrian pemesanan.

<related>

“Merespon antusiasme dan permintaan penggemar di Indonesia, Suzuki Indonesia dengan bangga menghadirkan model terbaru dalam keluarga SUV legendaris kami yaitu Suzuki Jimny 5-door di pasar Indonesia,” kata 4W Sales and Marketing Director PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) Matsushita Ryohei saat IIMS 2024.

Lantas, apa spesifikasi dan keunggulan Suzuki Jimny 5-door? Berapa banyak perbedaannya dengan Suzuki Jimny 3-door? Bagaimana pula soal harganya? Mari kita jawab semua pertanyaan tersebut.

Kelebihan Suzuki Jimny 5-door dari Sisi Spesifikasi dan Fitur

Suzuki Jimny 5-door masih punya keunggulan dari sisi performa off-road yang mumpuni. Pertama tentu berkorelasi dengan sistem penggerak empat rodanya.

Seperti versi 3-door, Suzuki Jimny 5-door dibekali sistem penggerak empat roda AllGrip Pro. Di dalamnya terdapat pilihan sistem pengerak 2H, 4H, dan 4L yang dapat dipilih sesuai kondisi medan.

Performanya ditunjang lagi oleh fitur Pedal Release System Brake and Clutch, Hill Hold Control, Hill Descent Control, Traction Control, Electronic Stability Programme, Shift Lock, Anti-lock Braking System, Brake Assist.

Dari sisi platform, Suzuki Jimny 5-door pun masih menggunakan ladder frame chassis (sasis tangga) yang dijamin tangguh serta kuat.

Sebagai mobil off-road, kaki-kaki Suzuki Jimny 5-door pastinya dapat diandalkan. Peredaman guncangan dipercayakan pada suspensi depan-belakang 3-link rigid axle yang menggunakan pegas koil.

Dapur pacu Suzuki Jimny 5-door sudah teruji pada versi 3-door. Di balik kap depan, masih tersemat mesin bensin K15B 1.500 cc berdaya 102 PS dan torsi 130 Nm.

Sebagai padanannya, diberikan transmisi manual lima percepatan dan juga otomatis empat percepatan.

Fitur-fitur Suzuki Jimny 5-door yang terkait kenyamanan dan keamanan antara lain Head Unit 9 Inch, Cruise Control, Hands-free Phone Control, Rear View Camera, Immobilizer, Security Alarm.

Perbedaan Suzuki Jimny 5-door dengan Suzuki Jimny 3-door

Lantas, apa perbedaan Suzuki Jimny 5-door dengan versi 3-door? Nomor satu tentunya soal dimensi yang lebih bongsor dan kabinnya yang lebih lega, sehingga makin fungsional untuk berbagai keperluan.

“Suzuki Jimny terus dikembangkan untuk memaksimalkan pengalaman penggunanya, salah satunya pada sisi fungsionalitas,” pungkas Ryohei soal Suzuki Jimny 5-door.

Sekadar komparasi, dimensi Suzuki Jimny 5-door ialah 3.965 mm (panjang), 1.645 mm (lebar), 1.720 mm (tinggi). Adapun wheelbase (jarak sumbu roda) mencapai 2.590 mm.

Dimensi Suzuki Jimny 3-door, di sisi lain, adalah 3.265 mm (panjang), 1.645 mm (lebar), dan 1.720 mm (tinggi). Wheelbase-nya pun ‘hanya’ 2.250 mm.

Kemampuan Suzuki Jimny 5-door sebagai SUV off-road dibuktikan lewat departure angle 50 derajat, ramp breakover angle 24 derajat,  approach angle 36 derajat.

Figur angka-angka tersebut sedikit berbeda dengan Suzuki Jimny 3-door, tapi ground clearance keduanya sama-sama 210 mm.

Mesin dan transmisi Suzuki Jimny 5-door memang sama dengan versi 3-door. Akan tetapi, rasio gigi pada girboksnya direka ulang karena perbedaan pada dimensi maupun bobotnya.

Dalam daftar fitur Suzuki Jimny 5-door, ada kelengkapan-kelengkapan yang tidak ada pada Suzuki Jimny 3-door. Sebut saja SRS Side Airbag dan Curtain Airbag, Seatbelt 3 Point ELR x 2 with Force Limiters di belakang, Rear Parking Sensor.

Harga Suzuki Jimny 5-door 2024

Suzuki Jimny 5-door terdiri dari empat tipe, dengan rentang harga Rp462 juta sampai dengan Rp478,6 juta OTR Jakarta. Berikut rincian tipe maupun banderolnya ketika baru meluncur:

·        Suzuki Jimny 5-door MT Single Tone: Rp462.000.000

·        Suzuki Jimny 5-door MT Two Tone: Rp465.000.000

·        Suzuki Jimny 5-door AT Single Tone: Rp475.600.000

·        Suzuki Jimny 5-door AT Two Tone: Rp478.600.000

“Rekam jejak ketangguhan Suzuki Jimny untuk menaklukkan medan menantang sambil memberi kepuasan bagi para pecinta off-road ini menjadi alasan utama Jimny dinanti-nantikan pelanggan,” tandas Ryohei.

Sejarah Suzuki Jimny di Indonesia

Tingginya kepopuleran Suzuki Jimny di Indonesia tak hanya berasal dari desain dan performanya, tapi juga sejarahnya. Oleh karena itu, tak lengkap rasanya kalau kita tak mengulas perjalanannya di negeri ini.

Suzuki Jimny sudah dijual di Indonesia sejak generasi pertamanya dahulu pada akhir 1970-an hingga generasi keempatnya saat ini. SUV ini sendiri, menurut keterangan resmi maupun situs resmi Suzuki Indonesia, pertama kali lahir di pasar global pada 1970.

Melihat histori serta rekam jejaknya yang panjang, tak mengherankan jika profil para penggemar Suzuki Jimny terbilang beragam, mulai dari era Baby Boomers, Gen X, Gen Y (Millennials), hingga mungkin Gen Z.

Pasalnya, selain punya desain dan kemampuan yang ikonik, mobil tersebut juga ibarat ‘gudang memori’ bagi banyak orang. Berikut adalah rangkuman sejarah tiap generasi Suzuki Jimny di Bumi Pertiwi.

Suzuki Jimny Generasi Pertama (1979-1982)

Suzuki Jimny generasi pertama yang hadir di Indonesia ialah Seri LJ80. Peluncurannya terjadi pada 1979.

Suzuki langsung merakit SUV bermesin 800 cc itu secara lokal di pabrik Cakung, Jakarta Timur. Suzuki Jimny kala itu menjadi pemain tunggal di segmen SUV kompak berpenggerak 4x4 dan dikenal lincah, tangguh, dan efisien bahan bakar.

Jimny Seri LJ80 dilanjutkan dengan Jimny Seri LJ80V dan Seri LJ80Q.

Suzuki Jimny Generasi Kedua (1982-2007)

Suzuki Jimny generasi kedua mengaspal perdana di Indonesia pada 1982, dengan desain mengotak yang sangat berbeda dari pendahulunya plus mesin 1.000 cc. Pada 1980-an, ada varian Jimny Super dan Jimny Sierra yang berpenggerak 4x4.

Kemudian, pada 1990-an, diperkenalkanlah Suzuki Jimny Katana yang berpenggerak 4x2. Model berharga lebih terjangkau ini lalu semakin dipopulerkan lewat bermacam varian, termasuk varian long wheelbase.

Pada awal 2000-an, tepatnya 2004, dipasarkanlah Suzuki Jimny SJ413 atau Carribian yang mengusung mesin 1.300 cc serta kabin ekstra di belakang jok pengemudi.

Suzuki Jimny Generasi Ketiga (2017)

Suzuki Jimny generasi ketiga yang menjalani debut global pada 1997 di Jepang sempat lama tidak dijual di Indonesia.

Setelah berkali-kali mendapatkan penyegaran model di pasar global, barulah kendaraan ini menyapa publik Indonesia lagi pada 2017, ketika diluncurkan dalam Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS).

 Meski begitu, Suzuki hanya menjualnya dalam jumlah sangat terbatas yakni 88 unit saja, dengan harga resmi Rp285 juta on the road (OTR) Jakarta.

Model bermesin 1.300 cc ini antara lain sudah diperkaya fitur yang memungkinkan pengemudi beralih dari 4x4 ke 4x2 atau pun sebaliknya ketika mobil sedang berjalan.

Suzuki Jimny Generasi Keempat (2019-kini)

Suzuki Jimny generasi saat ini, generasi keempat, menjalani debut global pada 2018. Namun, Indonesia baru memasukkan versi mesin 1.500 cc-nya pada 2019 lewat ajang GIIAS.

Pertama-tama, yang hadir ialah Suzuki Jimny 3-door, dengan harga peluncuran mulai Rp315,5 juta.

Unit Suzuki Jimny 3-door didatangkan secara unit dari Jepang dengan kuota hanya 50 unit per bulan dan permintaan yang jauh melebihi suplai membuat indennya sempat mencapai hingga empat tahun dan pemesanan resminya pun ditutup sementara.

Selang lima tahun kemudian, dalam IIMS 2024, Suzuki Jimny 5-door generasi keempat dimasukkan secara utuh dari India, dengan kuota awal lebih dari 100 unit per bulan dan diupayakan terus ditambah. Harga OTR Jakartanya, seperti dijelaskan di atas, mulai dari Rp462 juta. [ADV/Xan]

Harga Suzuki Jimny 5-Pintu Mulai Rp462 Juta, Ini 5 Keunggulan yang Dimilikinya
Berita Utama

Harga Suzuki Jimny 5-Pintu Mulai Rp462 Juta, Ini 5 Keunggulan yang Dimilikinya

Panduan Pembeli

Suzuki pada 15 Februari lalu resmi meluncurkan Jimny 5-pintu yang melengkapi line up Suzuki Jimny yang ada di Indonesia. Harga resmi yang ditawarkan untuk Jimny 5-pintu ini mulai dari Rp462 juta on the road Jakarta. 

Suzuki Jimny mendapat sambutan yang begitu hangat dari konsumen di Indonesia. Kehadiran versi 3-pintu sebelumnya begitu dinantikan, hingga membuat begitu banyak inden dan harga jual Jimny bekas bisa lebih mahal daripada Jimny baru.

Suzuki Jimny memiliki kiprah panjang di jagat nusantara dan jadi andalan dalam petualangan pecinta off-road Indonesia. Lebih dari setengah abad hadir di tanah air, Jimny menjadi SUV legendaris Suzuki Indonesia yang mengalami beberapa kali perubahan.

Jimny 5-pintu masih tergolong Jimny generasi keempat, yang dikembangkan untuk memaksimalkan pengalaman pada sisi fungsionalitas. Jimny 5-door hadir dengan karakter desain yang kuat, ditambah ruang yang lapang.

Banyak yang penasaran seperti apa kelebihan dari Jimny 5-pintu ini selain dari dimensinya yang semakin panjang. Sebagai produk baru, tentu akan ada beberapa update dari sisi fitur dan beberapa kelengkapan yang membuat mobil di segmen SUV compact ini lebih menarik.

Sebelum lebih jauh membahas soal spesifikasi dan fitur di Suzuki Jimny 5-pintu, berikut ini daftar harga untuk wilayah Jakarta tahun 2024:

  • Jimny 5-door (AT) Rp475,6 juta
  • Jimny 5-door (AT – Dual Tone): Rp478,6 juta
  • Jimny 5-door (MT): Rp462 juta
  • Jimny 5-door (MT – Dual Tone): Rp465 juta

Berikut ini beberapa fakta penting dari Suzuki Jimny 5-pintu yang perlu kalian ketahui.

1. Dimensi Membesar, Kabin Makin Lega Untuk Bawa Barang

Suzuki Jimny 5-door menonjolkan desain yang tangguh dan maskulin untuk menaklukan perjalanan yang sesuai dengan karakter medan di Indonesia. 

Dimensi Suzuki Jimny 5-door memiliki panjang 3.965 mm dan wheelbase 2.590 mm. Bila dibandingkan dengan Jimny 3-doors dengan wheelbase di angka 2.250 mm  maka wheelbase pada Jimny 5-Pintu melar 340 mm.

Ukuran mobil yang memanjang terutama pada wheelbase memberikan kelegaan ruang penumpang maupun barang bawaan. Untuk ruang paling belakang terdapat jendela di row ketiga di setiap sisinya.

Ruang di baris kedua yang semakin lega menyajikan rasa berkendara yang santai namun tetap mempertahankan kemampuannya sebagai mobil offroad profesional. Tambahan pintu memberikan akses yang mudah bagi penumpang belakang untuk masuk dan keluar dari mobil. 

Kapasitas bagasi sebesar 211 liter juga cukup sanggup membawa perbekalan yang dibutuhkan untuk aktivitas petualangan.

2. Punya Fitur yang Komprehensif Untuk Sebuah Mobil Harian

Dengan harga segitu, Suzuki Jimny 5-pintu tentu harus memiliki fitur yang sepadan untuk mendukung aktivitas berkendara di medan off road. Untuk dukungan multimedia tersedia 9 inch touchscreen head unit with smartphone connections dengan layanan yang lengkap. 

Pada bagian keselamatan, Suzuki Jimny 5-door telah dilengkapi dengan 6 buah Airbags untuk memberikan perlindungan pada pengendara dan penumpang. Fitur lainnya berupa Rear View Camera serta 4 Spots Parking Sensor memudahkan saat parkir.

Sistem pencahayaan telah memakai LED Projector dengan levelling serta terdapat headlamp washer yang bisa membersihkan permukaan saat terkena lumpur. 

Dengan penambahan dimensi wheelbase, membuat sandaran kursi baris kedua bisa lebih direbahkan, tanpa terganggu barang-barang di bagasi 

3. Performa Suzuki Jimny 5-Pintu, Ada Perubahan Rasio Gir

Jimny 5-door ini mengalami perubahan  pada beberapa setting untuk mengimbangi penambahan panjang dan bobot, dimana perubahan utama ada di gir rasio agar bisa lebih kuat saat berkendara di medan off road.

Selebihnya, spesifikasi yang diusung tak berbeda dibanding Jimny 3-pintu. Suzuki Jimny 5-door dibekali dengan mesin popular dari Suzuki yaitu K15B berkapasitas 1.500cc. Tenaga yang dihasilkan sebesar 102 ps/6.000 rpm dengan torsi 130 Nm/4.000 rpm, didukung sistem penggerak 4 wheel drive. 

Dengan perubahan rasio tadi, pihak Suzuki menyebut bila tenaga dan torsi jadi lebih besar sehingga meningkatkan akselerasi dan performa Jimny 5-pintu. Kemudian, suspensinya mengandalkan 3-link rigid axle with coil spring.

4. Dibekali Fitur Khusus Medan Off Road

Sebagai mobil yang telah lama dikenal untuk berpetualang, Suzuki Jimny 5-pintu mengandalkan sistem penggerak 4 roda (4x4) yang dinamakan AllGrip Pro. Inovasi fitur juga secara khusus dirancang untuk meningkatkan pengalaman dan keamanan pengemudinya saat off road. Terdapat mode 2WD-high (2H), 4WD-high (4H) dan 4WD-low (4L) pada sistem AllGrip Pro tersebut.

Penjelasannya, mode 2H digunakan untuk berkendara normal di medan aspal yang menghasilkan efisiensi bahan bakar terbaik. Kemudian untuk mode 4H ideal digunakan untuk berkendara medan offroad ringan, dan mobil bisa dipacu pada kecepatan di bawah 100 km/jam. Khusus untuk mode 4L digunakan pada kondisi medan off-road yang sulit dan terjal. 

Untuk kemudahan bagi pengendara dalam menaklukan medan offroad, ditunjang dengan adanya teknologi seperti Hill Descent Control dan Hill Hold Assist. Fitur lain berupa Traction Control dan ESP berfungsi menjaga kestabilan kendaraan, serta Ladder Frame yang semakin memperlengkapi performa Jimny saat petualangan.

Lebih lanjut, rancangan mobil ini juga memang disiapkan untuk berkendara di kondisi medan offroad yang cukup berat. Pada sisi depan memiliki sudut approach angle sebesar 36 derajat dengan sudut ramp break over angle 24 derajat serta departure angle 47 derajat. Jimny 5-doors juga memiliki ground clearance setinggi 210 mm yang membuatnya tak kesulitan melewati jalan tanah berbatu.

5. Penampilan Eksterior yang Gagah dan Ikonik

Jimny hadir dengan tampilan yang lebih maskulin dan kokoh, menunjukkan jati dirinya sebagai kendaraan berpenggerak 4 roda. Hal yang jadi identitas utama dari Jimny jelas pada bentuk eksteriornya. Desainnya mungil, dengan sudut mengotak dan headlamp bulat, mempertahankan kesan sederhana sejak era Jimny Jangkrik.

Kini desainnya lebih modern dengan beberapa aksen sepertin desain baru grille dengan aksen Chrome Front Grille, headlamp LED Projector yang memberikan pancaran cahaya yang terang dan fokus, hingga pilihan warna yang menarik. 

Pada varian warna dual tone, Suzuki menawarkan 3 pilihan warna khas yaitu Metallic Sizzling Red + Pearl Bluish Black, Kinetic Yellow + Pearl Bluish Black, dan Metallic Chiffon Ivory + Pearl Bluish Black. Sedangkan untuk varian warna single tone, Suzuki juga memberikan 3 pilihan warna maskulin yaitu Granite Gray Metallic, Pearl Bluish Black, dan Jungle Green.

Kesimpulan

Suzuki Jimny 5-doors merupakan SUV yang dirancang sebagai SUV dengan performa off road handal, fitur yang fungsional untuk pengguna profesional.

Desain eksteriornya begitu ikonik memancarkan kesan gagah, dikombinasikan ukuran yang ringkas membuat Jimny 5-doors punya kemampuan manuver yang gesit.  

Mobil ini hadir sebagai solusi sebuah SUV petualang yang lebih luas dan lebih nyaman untuk baris kedua. Penambahan pintu di baris kedua membuat penumpang lebih nyaman dan leluasa untuk keluar masuk kabin.

(YS)

Harga Jimny 5-door Dinaikkan Diler Jadi di Atas Rp500 Juta, Begini Respons Suzuki
Berita Utama

Harga Jimny 5-door Dinaikkan Diler Jadi di Atas Rp500 Juta, Begini Respons Suzuki

Berita Otomotif

JAKARTA – Harga Suzuki Jimny 5-door terpantau langsung di-mark up (dinaikkan) diler dalam hitungan hari pascapeluncuran. Suzuki buka suara mengenai hal tersebut.

Jimny 5-door generasi keempat mengaspal pada hari pertama Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024, Kamis (15/2/2024) di Kemayoran, Jakarta. Kemunculannya melengkapi Jimny 3-door generasi keempat yang eksis lebih dahulu di sini sejak 2018.

Jimny 5-door terdiri dari empat tipe, dengan rentang harga on the road (OTR) Jakarta resmi Rp462 juta sampai dengan Rp478,6 juta.

Akan tetapi, menurut penelusuran Mobil123.com di booth Suzuki dalam IIMS 2024, para tenaga penjual mematok harga di atas Rp500 juta kalau ingin segera dapat unitnya. Ada yang menyebut angka Rp520 juta OTR Jakarta, tapi ada pula yang memasang harga Rp530 juta.

<related>

Suzuki Jimny 5-door

Assistant to Department Head 4W Sales PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) Randy R. Murdoko, ketika diwawancarai di sela-sela pameran pada akhir pekan lalu, mengakui adanya mark up harga Jimny 5-door oleh para diler.

Pihak Suzuki, kata dia, sudah memberikan harga rekomendasi kepada diler. Meski begitu, prinsip permintaan dan suplai kemudian berperan dalam mark up harga Jimny 5-door.

“Terkait harga, saya rasa itu terkait suplai dan permintaan dan menurut saya itu bukan hanya di industri ini. Jadi, ketika permintaannya lebih tinggi dari suplai, maka hal-hal serupa pasti terjadi. Makanya, kalau dari kami adalah kami menyatakan harga yang kami sarankan sesuai yang disampaikan kemarin,” ujarnya.

Suzuki Jimny 5-door

Menurut Randy, Suzuki selalu memberikan rekomendasi harga kepada seluruh jaringan resmi mereka. Namun, pihaknya tidak bisa memaksakan harga itu mesti selalu dipertahankan.

“Kami tidak dalam konteks mengatakan boleh atau tidak (diler mark up harga) karena kami tidak boleh menentukan harga. Kalau ada informasi demikian (soal markup), kami tidak bisa memungkiri. Tapi, pada dasarnya, kami tidak boleh menentukan harga dan men-judge bahwa sebuah harga itu fix dan segala macam,” papar dia.

Jimny 5-door diimpor utuh dari India, berbeda dengan Jimny 3-door yang didatangkan dari Jepang. Jatah Jimny 5-door per bulan untuk Indonesia mencapai lebih dari 100 unit, tetapi Suzuki sedang berusaha untuk menambahnya.

Sebagai pembanding, kuota Jimny 3-door untuk Indonesia hanya 50 unit per bulan. Indennya sempat mencapai hitungan tahun, sampai-sampai Suzuki pernah menutup pemesanannya untuk sementara. [Xan]