Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Daftar Motor dan Sepeda Listrik Roda Tiga, Harga Termurah Cuma Rp13 Juta-an

Berita Otomotif

Daftar Motor dan Sepeda Listrik Roda Tiga, Harga Termurah Cuma Rp13 Juta-an

Tak cuma motor roda dua saja, ada juga motor bahkan sepeda roda tiga bertenaga listrik yang dijual di Indonesia. Harganya cukup terjangkau mulai dari Rp13 juta-an.

Semakin ke sini, kendaraan bertenaga listrik mulai bermunculan, mau itu mobil, motor atau sepeda.

Pabrikan-pabrikan otomotif sekarang ini mulai berlomba-lomba memperkenalkan produk-produk elektrifikasinya. Ada yang masih menunjukkan kendaraan konsep, ada juga yang cukup berani menjualnya, meski bisa dikatakan infrastruktur untuk kendaraan listrik di Indonesia belum cukup memadai.

Selain jenama-jenama yang sudah mentereng, banyak juga nama-nama merek tidak familiar ikut bersaing di pasar kendaraan listrik. Beberapa di antaranya bahkan bukan merek yang terkenal akan produk otomotifnya, melainkan produk elektronik atau sepeda.

Salah satu model kendaraan listrik yang tidak jarang menjadi produk jualan mereka adalah motor dan sepeda listrik roda tiga.

Keunggulan dari motor dan sepeda listrik roda tiga adalah kenyamanan dalam berkendara. Pengendara tidak perlu menurunkan kaki ketika sedang berhenti.

Saat ini dapat ditemukan beberapa produk motor dan sepeda listrik roda tiga yang mengandalkan baterai sebagai sumber tenaganya. Bahkan, ada yang memiliki atap dan pintu layaknya mobil.

Kali ini, Mobil123.com memberikan daftar motor dan sepeda listrik roda tiga. Sebagian besar model yang disebutkan di bawah ini antara produk komersial atau pribadi untuk jarak tempuh sangat pendek.

Exotic Sierra

Exotic Sierra, sepeda listrik tiga roda ini dibanderol sebesar Rp13,9 juta.

Exotic Sierra mengandalkan baterai kapasitas 48V20Ah yang memperdaya motor 800W. Dengan baterai dan motor tersebut, Sierra dapat menempuh jarak maksimal 55 km dan kecepatan tertinggi 30 km per jam.

Beban yang dapat ditanggung sepeda listrik keluaran Pacific Bike ini mencapai 180 kg.

Selain itu, terdapat fitur utama seperti Alarm Alert, Lock Motor, Find Vehicle, dan Keyless mode.

Selis Bromo

Berikutnya adalah Selis Bromo. Motor listrik roda tiga ini memiliki bentuk menyerupai bajaj.

Baterai yang digunakan pada Selis Bromo lithium 60V100Ah. Baterai tersebut menyuplai aliran listrik ke motor dinamo 1000W48V.

Berkat baterai dan motor dinamo tersebut jarak tempuhnya mencapai 100 km dan kecepatan maksimum 40 km per jam.

Selis Bromo sendiri memiliki 4 pintu di samping, dan mampu mengangkut hingga 3 orang. Maksimum daya angkutnya mencapai 300 kg.

Fitur-fitur yang ada pada Selis Bromo di antaranya LCD Display Meter Cluster, Radio dengan port USB, dan pilihan AC dan panel surya yang dapat memberikan daya ekstra hingga 15 km.

Harga off the road yang disematkan pada bajaj listrik ini berkisar dari Rp50 juta hingga Rp68 juta, tergantung dengan penambahan AC dan SolarPanel.

Selis New Balis

Masih dari merek Selis yaitu New Balis.Bentukannya juga menyerupai bajaj, mampu menampung dua orang penumpang.

Sementara daya angkut maksimalnya sama seperti Bromo yaitu 300 kg.

Untuk performanya, New Balis bisa mencapai kecepatan 45 km per jam dan jarak tempuh 50 km.

Performa yang lebih pendek ini dikarenakan baterai yang disematkan berupa Seal Lead Acid kapasitas 60V45Ah, dan dinamo berdaya 1500W.

Fitur-fitur yang ada pada New Balis di antaranya 2-speed shifter, forward & reverse switch, cabin fan, reverse sound, opsi kamera belakang, dan wiper depan.

Selis New Balis dibanderol Rp45 juta off the road.

Selis New Robin

Produk Selis berikutnya yang beroda tiga adalah motor listrik New Robin. Sebenarnya, Selis New Robin bisa lebih dikatakan sebagai sepeda listrik daripada motor listrik.

Dengan baterai 48V20Ah dan motor dinamo tenaga 500W, jarak tempuhnya hanya mencapai 40 km dan kecepatan tertingginya cuma 30 km per jam. Jadi, New Robin lebih cocok untuk pemakaian di dalam perumahan atau komplek.

Daya angkutnya 200 kg, dengan jok cukup untuk dua orang.

Selis New Robin memilik beberapa fitur seperti 3-speed shifter, reverse & forward switch, LED headlight, digital speedometer, sliding sadle, dan rear box untuk tempat penyimpanan barang.

Selis menjual New Robin ini dengan harga Rp17,5 juta. Tidak adanya keterangan on the road atau off the road menunjukkan New Robin merupakan sepeda listrik yang tidak dikhususkan untuk penggunaan di jalan raya.

Solaris R3 Balis

Motor listrik roda tiga selanjutnya berasal dari pabrikan asal Surakarta, yaitu Solaris R3 Balis.

Jika dilihat dari tampilannya, rasanya Solaris R3 Balis lebih cocok sebagai motor komersial di lokasi wisata. Motor ini memiliki dua baris kursi, dengan baris kedua mampu memuat dua orang penumpang, serta tidak ada pintu masuk layaknya bajaj, sehingga tampilannya lebih terbuka.

Dengan baterai 60V32Ah serta motor dinamo tenaga 1.500W, Solaris R3 Balis dapat menempuh jarak kurang lebih 40 km, serta kecepatan maksimum yang dicapai 35 km per jam.

Daya angkutnya sendiri bisa mencapai kurang lebih 250 kg. Sistem pengereman yang digunakan adalah drum brake, sedangkan dari segi keamanan dilengkapi dengan remote alarm system.

Harga yang disematkan pada motor ini adalah Rp25,8 juta.

Solaris R3 Maleo

Selain R3 Balis, Solaris juga memiliki produk tipe R3 Maleo. Jika dibandingkan, produk sepeda listrik roda tiga satu ini lebih cocok untuk pemakaian pribadi.

Baterai listrik yang digunakan pada R3 Maleo memiliki kapasitas 48V20Ah. Motor dinamo yang menjadi penggeraknya memiliki daya 1.500W.

Motor dinamo beserta baterai tersebut membuat R3 Maleo dapat mencapai kecepatan tertinggi 35 km per jam. Sementara itu, jarak tempuh yang bisa dicapai R3 Maleo dengan baterai yang digunakan sekitar 35 km.

Sepeda listrik ini mampu mengangkut berat kurang lebih 250 kg. Sama halnya dengan R3 Balis, R3 Maleo juga menggunakan drum brake system dan remote alarm system sebagai keamanannya.

Sepeda listrik ini dijajakkan dengan harga Rp18,8 juta.

Viar RE3

Viar juga memiliki produk sepeda listrik roda tiga. Produk tersebut dinamakan Viar RE3.

Memiliki dimensi panjang 1.540 mm, lebar 760 mm, dan tinggi 970 mm, Viar RE3 lebih pas digunakan untuk kebutuhan sehari-hari dekat rumah, misalkan pergi ke warung atau pasar untuk berbelanja.

Baterai yang digunakan pada sepeda listrik ini berupa VRLA kapasitas 48V20Ah yang menjadi sumber tenaga untuk motor berdaya 500W.

Dari segi performa, Viar RE3 dapat menempuh jarak hingga 60 km dan kecepatan maksimum mencapai 25 km per jam.

Pengisian daya baterainya sendiri hingga 100% bisa dilakukan dalam kurun waktu 4 – 5 jam.

Dilansir dari toko online resmi Motor Viar Indonesia, RE3 dapat dipesan dengan harga Rp15,23 juta.

Honda Gyro E

Motor listrik roda tiga yang terakhir bukan merupakan produk yang saat ini hadir di Indonesia dan berasal dari jenama Jepang yaitu Honda. Produk tersebut bernama Gyro E.

Honda Gyro merupakan motor komersial yang umum dijual di negara sakura tersebut sejak 1982, dan pada 2021, Honda merilis model Gyro E dalam bentuk elektrifikasi.

Sumber tenaga dari Gyro E berasal dari dua baterai lithium-ion yang berteknologi Honda Mobile Power Pack e. Kapasitas baterainya 50.4V20.8Ah.

Motor penggerak yang didukung oleh baterai tersebut memiliki daya 580W.

Dengan motor dinamo dan baterai tersebut, Gyro E mampu menghasilkan tenaga hingga 4,4 PS dan torsi tertinggi 13 Nm. Jarak tempuh yang dapat dicapai hingga 85 km.

Honda Gyro E memiliki beberapa fitur unggulan seperti LED headlight, digital speedometer, reverse assist, accessory socket untuk mengecas handphone atau alat elektronik lain, parking lock, rear deck sebagai tempat membawa barang-barang besar, dan sebagainya.

Mengutip web resmi Honda Jepang, Gyro E dijual dengan harga 550 ribu yen. Jika dikonversikan ke rupiah menjadi sekitar Rp58 juta-an. [ABP/Ses]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<<



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang