Wuling Almaz Pakai Transmisi Otomatis CVT 8-Percepatan

Berita Otomotif

Wuling Almaz Pakai Transmisi Otomatis CVT 8-Percepatan

JAKARTA – Wuling Almaz menggunakan transmisi otomatis CVT dari Bosch Holland.

Almaz merupakan calon sport utility vehicle (SUV) pertama Wuling di Indonesia. Nama serta spesifikasi SUV tersebut baru saja dipaparkan pada Rabu (23/1/2019) dalam acara awal tahun mereka di Sentul, Bogor, sebelum peluncuran resminya terjadi pada kuartal satu ini.

Salah satu aspek menarik dari SUV yang diberi nama dari bahasa Arab tersebut adalah transmisinya. Pasalnya, Almaz menggunakan transmisi CVT 8-percepatan, atau ‘CVT 8-Speed Simulated’ menurut bahasa teknis yang disebutkan Wuling.

Girboks ini hasil pengembangan Bosch Holland dan disandingkan dengan mesin bensin 1.5-turbo berdaya 140 hp di 5.300 rpm dan torsi 250 Nm di 1.600 – 3.600 rpm.

Transmisi otomatis di Almaz berbeda transmisi otomatis di model sebelumnya yaitu multi purpose vehicle (MPV) Wuling Cortez 1.8-liter yang menggunakan jenis AMT (Automated Mechanical Transmission). Sekadar menginformasikan, transmisi jenis ini merupakan kombinasi antara transmisi manual dengan otomatis yang sudah lazim digunakan di produk-produk berharga terjangkau.

Almaz bakal menjadi produk pertama Wuling di pasar otomotif Tanah Air yang menggunakan transmisi CVT yang kebanyakan terlihat di kendaraan kelas menengah atau menengah ke atas. Taufik S. Arief, Aftersales Director PT. SAIC General Motors Wuling (SGMW) Indonesia mengklaim bahwa CVT pada Almaz menjanjikan perpindahan gigi maupun akselerasi halus sehingga konsumen lebih nyaman.

“Dengan teknologi ini perpindahan gigi akan lebih terasa halus. Bahkan, saat digeser ke transmisi manual, bisa sampai 8-percepatan sehingga bisa dibayangkan percepatan giginya yang halus,” aku Taufik di sela-sela acara pengenalan Almaz.

Ia kemudian menjelaskan bahwa penyematan CVT 8-percepatan pada Almaz disesuaikan dengan target profil konsumen model ini kelak yang lebih tinggi dari Cortez. Dengan demikian, Wuling memberikan teknologi lebih padanya.

Danang Wiratmoko, Product Planning SGMW Indonesia, mengklaim transmisi CVT 8-percepatan milik SUV berpenggerak roda depan ini punya dua mode pengemudian yaitu Economic dan Sport. Transmisi ini juga mampu mempelajari gaya mengemudi sang pengendara.

Bakal banyak fitur yang disematkan di Almaz untuk ‘menemani’ transmisinya. Soal hiburan plus kenyamanan, ada Head Unit 10 inchi, 360 Degree Camera, Tire Pressure Monitoring System (TPMS), Wuling Link, Start/Stop Button, Keyless Remote, Keyless Entry, Six-ways Electric Adjustable Driver Seat, USB Charging serta AC vent di baris kedua, Cruise Control dan Sun Roof.

Fitur keamanan juga banyak. Terdapat dua sensor parkir di depan dan empat sensor parkir di belakang, Traction Control System, Electronic Stability Control, Hill Hold Control, sistem pengereman ABS – EBD – BA, empat airbag yang tersebar di depan serta samping, Seatbelt Reminder, Immobilizer, Rear Disc Brake, Emergency Stop Signal, struktur bodi dari baja berkekuatan tinggi. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar