SUV Wuling Almaz Diperkenalkan Sebelum Peluncuran, Ini Spesifikasinya

Berita Otomotif

SUV Wuling Almaz Diperkenalkan Sebelum Peluncuran, Ini Spesifikasinya

JAKARTA – Sport utility vehicle (SUV) pertama Wuling diperkenalkan di permulaan 2019, sebelum peluncuran resminya digelar. Selain memberitahukan nama SUV tersebut, spesifikasinya pun dibocorkan.

Informasi dari dealer mengenai namanya, Almaz, akhirnya terkonfirmasi. Nama sekaligus spesifikasi Wuling SUV tersebut disingkap dalam acara Temu Media Awal Tahun, Rabu (23/1/2019) di Sentul, Bogor.

Cindy Cai, Vice President of Vehicle, Sales, Service, Marketing SGMW Indonesia, meyebut Almaz sebagai ‘Smart Multimedia SUV’. Pasalnya, Almaz diklaim memiliki fitur multimedia canggih di kelasnya dengan desain stylish.

“Dengan diluncurkannya Wuling SUV pertama, kami berharap dapat menjadi pemain penting dalam pasar SUV Indonesia,” ujarnya.

Head Unit Besar
Fitur pertama yang disorot oleh Wuling dalam paparan mereka adalah Head Unit layar sentuh besar. Head Unit tersebut menjadi pusat hiburan maupun informasi dari SUV dua baris ini.

“Head Unit ini berukuran 10,4 inchi,” kata Danang Wiratmoko, Product Planning SGMW Indonesia.

Kemampuan pertama Head Unit itu adalah memainkan musik melalui radio, Bluetooth, USB, AUX. Melaluinya, dapat dilakukan pula penyetelan berbagai aspek dalam kendaraan, melihat fitur Tire Pressure Monitoring System (TPMS), menyaksikan fitur 360 Degree Camera, menyetel pendingin ruangan, plus mengendalikan fitur Wuling Link untuk mirroring smartphone.

Danang menjelaskan konsep smart tidak hanya diwakili oleh multimedia, namun juga mesin serta transmisi. Untuk mesin, Almaz dipersenjatai mesin 1.5-liter, 4 silinder, turbocharged. Torsinya adalah 250 Nm di 1.600 – 3.600 rpm.

“Ini adalah torsi terbesar di kelasnya,” aku Danang.

Mesin itu sendiri memiliki teknologi terkini dari Honeywell, dibuat dari material yang memenuhi aviation grade, punya efisiensi tinggi, serta sudah menjalani 10 ribu jam plus 300 ribu km.

Transmisinya CVT delapan percepatan dari Bosch. Ada mode mengemudi Economic serta Sport. Transmisi ini memiliki kemampuan mempelajari gaya berkendara pengemudi.

Fitur-fitur Almaz berlimpah. Untuk kenyamanan, ada Start/Stop Button, Keyless Remote, Keyless Entry, Six-ways Electric Adjustable Driver Seat, USB Charging serta AC vent di baris kedua, Cruise Control dan Sun Roof.

Fitur keaman juga banyak. Terdapat dua sensor parkir di depan dan empat sensor parkir di belakang, Traction Control System, Electronic Stability Control, Hill Hold Control, sistem pengereman ABS – EBD – BA, empat airbag yang tersebar di depan serta samping, Seatbelt Reminder, Immobilizer, Rear Disc Brake, Emergency Stop Signal, struktur bodi dari baja berkekuatan tinggi.

“Sebanyak 55 persen bodinya dibuat dari baja berkekuatan tinggi,” ujar Danang.

Tidak ada keterangan soal sistem penggerak roda. Akan tetapi, tenaga penjual Wuling menjelaskan bahwa Almaz menggunakan sistem penggerak roda depan.

Eksterior dan Interior
Eksteriornya memiliki desain sama dengan Baojun 530 yang dipamerkan dalam Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018. Lampu depannya ada di bagian bemper dan sudah menggunakan teknologi LED. Ada pula lampu kabut plus lampu sein yang menyatu dalam satu r'umah' di bemper.

Bagian yang biasanya untuk lampu depan digunakan untuk Day-Time Running Light LED dengan desain menyipit. Pelek berukuran 17 inchi dan di atap terdapat antena berbentuk Shark Fin.

Interiornya dihiasi dengan Soft Touch Panel di konsol tengah. Kursi baris kedua bisa dilipat rata dengan lantai. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar