Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Mitsubishi Perlu Banyak Pertimbangan kalau Mau Jual eK x EV di Indonesia, Kenapa?

Mobil Listrik

Mitsubishi Perlu Banyak Pertimbangan kalau Mau Jual eK x EV di Indonesia, Kenapa?

JAKARTA – Potensi menjual mobil listrik mungil Mitsubishi eK X EV di pasar Indonesia masih terus ditelaah. Sang jenama mengaku cukup hati-hati sebelum memutuskan menjual model ini di Tanah Air.

Director of Product Strategy Division PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) Hikaru Mii menjelaskan bahwa pihaknya saat ini sudah mengimpor utuh (completelty built up/CBU) unit eK X EV ke Indonesia untuk keperluan studi.

“Kami sudah impor mobilnya untuk dipelajari dan teman-teman juga sudah lihat di beberapa pameran,” ucap dia dalam Annual Media Gathering beberapa waktu lalu di Jakarta.

Mitsubishi, lanjut Mii, mesti sangat cermat dalam mengambil keputusan terkait masa depan eK X EV di negeri ini. Pasalnya, ‘gontok-gontokan’ di pasar mobil listrik nasional sedang sangat ketat.

Mitsubishi eK X EV

“Kompetisi (di pasar mobil listrik) sangat kuat. Jadi, kami perlu banyak mempertimbangkan, dengan mempelajari untuk melihat tingkat kompetitifnya. Kami tidak mau ceroboh,” tegasnya.

Niat Mitsubishi untuk mempelajari peluang menjual eK X EV di Indonesia pertama kali terbongkar pada Juni 2023. Hal tersebut diungkapkan oleh President Director MMKSI Atsushi Kurita usai peresmian diler baru di Matraman, Jakarta.

Beberapa bulan kemudian, Indonesia lalu menjadi lokasi dipamerkannya eK X EV untuk pertama kalinya di luar Jepang.

Mitsubishi memanfaatkan pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) pada Agustus 2023 di Serpong, Tangerang untuk menunjukkannya kepada publik yang berdomisili di Jakarta dan sekitarnya.

Mitsubishi eK X EV dan Mitsubishi Minicab MiEV

President and Chief Executive Officer Mitsubishi Motors Corporation Takao Kato, dalam wawancara di sela-sela GIIAS 2023, bahkan mengatakan studi untuk eK X EV bukan hanya peluang untuk menjualnya, tapi juga memproduksinya secara lokal di pabrik Mitsubishi Cikarang, Bekasi.

Pada September 2023, Mii sempat mengungkapkan kalau eK X EV wajib dirakit lokal kalau mau dijual di negeri ini.

Bicara spesifikasi, eK X EV merupakan mobil listrik berdimensi kecil yang menjadi buah kolaborasi antara Mitsubishi dengan Nissan. Tak heran, model ini memiliki beragam kesamaan dengan Nissan Sakura.

Dapur pacunya mengandalkan baterai 20 kWh yang mampu menyediakan jarak tempuh maksimal 180 km. Motor penggerak milik eK X EV menggelontorkan daya 63 hp, dengan torsi 195 Nm. [Xan]



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang