Rencana Vietnam Menggelar F1 Semakin Dekati Kenyataan

Berita Otomotif

Rencana Vietnam Menggelar F1 Semakin Dekati Kenyataan

TOKYO – Indonesia akan keduluan oleh Vietnam jika negara tersebut benar-benar menjadi salah satu tuan rumah Formula One (F1) musim 2020.

Pembicaraan antara Liberty Media sebagai pemilik F1 dengan Vietnam, menurut Motorsport baru-baru ini, semakin mendekati realisasi. Perjanjian antara keduanya sedang disusun dan jika semua berjalan lancar, pengumuman keikutsertaan Vietnam di F1 pada 2020 akan dilakukan sebelum balapan musim ini berakhir.

Negara tetangga Indonesia di kawasan Asia Tenggara ini sendiri sudah dirumorkan mengincar F1 sejak lama. Liberty Media pun tertarik menggelar F1 di sebuah venue yang berjarak 12 km di sebelah barat Hanoi.

Indonesia sendiri sudah beberapa kali melempar wacana untuk menjadi tuan rumah F1 atau kembali menggelar MotoGP. Namun, hingga kini, perkembangan wacana tersebut masih sumir.

Lebih lanjut, Charlie Whiting, F1 Race Director, mengaku sudah mengunjungi venue di Vietnam sebelum Grand Prix F1 Jepang pada akhir pekan lalu. Setelah melihat kondisinya, ia optimistis sirkut bisa dipersiapkan untuk Grand Prix F1 Vietnam dua tahun dari sekarang.

“Belum ada progres mengenai pembangunan trek, tapi lokasi sudah diidentifikasi,” ujarnya di sela-sela GP F1 Jepang di Sirkuit Suzuka.

Grand Prix F1 Vietnam, jika jadi terlaksana, sebagian besar akan menggunakan jalan umum. Namun, ada pula bagian yang dibangun khusus untuk balapan.

“Saat ini lokasi balapan sudah mencapai tahap desain akhir. Sejauh yang saya tahu, mereka (Vietnam) mengincar tuan rumah Grand Prix 2020. Berdasarkan pengalaman saya, seharusnya dengan persiapan mereka sejauh ini tidak akan ada problem,” paparnya.

Grand Prix F1 Vietnam berpotensi terjadi setahun sebelum mobil balap F1 generasi baru muncul pada 2021. Saat ini tim-tim F1 mengajukan proposal untuk mobil balap yang lebih murah, lebih berisik, serta berubah di beberapa aspek aerodinamika.

Pamor F1 sendiri kini sedang turun. Para pebalap menilai hal itu karena semakin sulitnya aksi salip-menyalip akibat peraturan aerodinamika terkini. Di tengah kondisi tersebut, Liberty Media meniadakan grid girls yang menjadi ‘penyegar’ balapan. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar