Vietnam Dipastikan Gelar Street Race F1 Musim 2020

Berita Otomotif

Vietnam Dipastikan Gelar Street Race F1 Musim 2020

HANOI – Vietnam diumumkan menjadi tuan rumah Formula One (F1) mulai musim 2020.

Grand Prix F1 Vietnam, menurut Carscoops pada akhir pekan ini, akan digelar pada April 2020. Balapan akan diadakan di Hanoi.

"Kami sangat senang memberitahukan bahwa Hanoi akan menjadi lokasi perhelatan Grand Prix F1. Sejak kami (Liberty Media) terlibat di olahraga ini pada 2017, kami sudah berdiskusi mengenai kota-kota baru untuk memperluas daya tarik F1 dan Grand Prix F1 Vietnam adalah realisasi ambisi tersebut,” ucap Chase Carey, Chairman and Chief Executive Officer F1.

Vietnam menjadi negara Asia selanjutnya yang menyelenggarakan F1. Sebelumnya, sudah ada Singapura, China, Malaysia, serta Jepang.

Malaysia juga sempat rutin menjadi salah satu persinggahan F1, tapi berhenti pada musim 2018. Keputusan tersebut diambil oleh operator Sepang International Circuit karena ajang balap ‘jet darat’ ini dinilai tak lagi menarik.

Street Race
Lebih lanjut, Grand Prix Vietnam dua tahun dari sekarang akan diselenggarakan di jalan raya yang disulap menjadi sirkuit (street race). Konsep seperti ini sudah  diaplikasikan di Grand Prix F1 Monako serta Grand Prix F1 Singapura.

Trek nantinya terbentang sepanjang 5,56 km dengan 22 tikungan yang didesain agar potensi salip-menyalip lebih besar. Tikungan-tikungan itu terinspirasi dari berbagai kelokan di sirkuit-sirkuit kenamaan dunia.

Contohnya adalah tikungan satu dan dua yang diambil dari belokan awal Sirkuit Nurburgring, Jerman. Belokan 12 sampai 15 dibuat dengan mengambil desain salah satu seksi street race di Monako. Tikungan 16 – 19 mencomot tikungan esses milik Sirkuit Suzuka, Jepang. Kemudian, tikungan 20 – 22 terilhami dari Sirkuit Sepang.

Ada pula dua jalur lurus nan panjang. Salah satunya terbentang 1,5 km sehingga mobil balap F1 bisa digeber sampai 335 km/jam.

Liberty Media, pemilik F1, masih berkeinginan menambah panjang kalender penyelenggaraan F1. Mereka mengincar satu sirkuit lagi di Amerika Serikat. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar