Balap F1 Miskin Overtaking Gara-Gara Hal Ini

Berita Otomotif

Balap F1 Miskin Overtaking Gara-Gara Hal Ini

AUSTRALIA – Dimensi mobil-mobil Formula One (F1) terkini yang amat lebar dinilai sebagai biang keladi makin berkurangnya aksi salip-menyalip di ajang balap ‘jet darat’ tersebut.

Keluhan soal F1 yang makin membosankan karena minimnya aksi salip-menyalip bukan isu baru. Komplain ini makin menggema sejak musim 2017, ketika regulasi baru  membuat mobil-mobil balap F1 mempunyai downforce makin tinggi.

Pembalap Tim Red Bull Racing Daniel Ricciardo berpikir bukan hanya downforce saja penyebabnya. Menurut dia, dimensi mobil yang sekarang terlalu juga patut dipersalahkan.

“Saya merasakan sekarang, dengan ban dan bodi selebar itu, mobil sudah mengambil banyak ruang di trek,” kata Daniel, seperti diwartakan Autosport beberapa waktu lalu.

Sebagai informasi, regulasi terkini menjadikan bodi mobil balap F1 secara total melebar 20 cm dan ini turut dikontribusikan oleh ban depan dan ban belakang yang masing-masing lebih lebar 60 mm serta 80 mm. Downforce bertambah hingga 30 persen, sedangkan cengkeraman ban ke aspal diperkuat 25 persen.

Menurut lelaki berkebangsaan Australia ini, dimensi lebih kecil bakal lebih baik untuk sebuah balapan. Ia mencontohkan motor-motor balap.

“Karena mereka sangat kecil, akan selalu ada ruang untuk melewati dan mereka 30 detik lebih lambat dari kami untuk satu putaran. Ini bukti balapan bukan melulu soal catatan waktu untuk satu putaran. Kita butuh aksi salip-menyalip karena itulah pertunjukannya,” papar dia.

Lelaki kelahiran 1 Juli 1989 ini lalu mengomentari mobil-mobil balap F1 versi beberapa tahun lebih lawas. Bagi dia, model-model ‘jet darat’ itu lebih mengasyikkan meski lebih lambat.

“Memang dengan standar kita sekarang mobil-mobil tersebut lambat. Tapi penonton tak terlalu merasakannya. Di sisi lain, ketika mengendarainya dalam balapan, kita bisa mengekor mobil, kita bisa menyalip. Soal itu, mobil di musim 2014 saya rasa masih bagus,” tutup Ricciardo. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di sebuah harian umum nasional dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual