Mobil Balap F1 Tim Williams Klasik Berpeluang Laku Rp 13 Miliar

Berita Otomotif

Mobil Balap F1 Tim Williams Klasik Berpeluang Laku Rp 13 Miliar

Inggris – Mobil balap Formula One (F1) klasik milik tim Williams yang kini sedang dilelang secara online berpeluang laku 1 juta dollar AS atau Rp 13,76 miliar saat penawaran ditutup akhir bulan ini.

Sebuah mobil balap F1 lawas tim Williams, seperti diwartakan Carscoops pada akhir pekan lalu, sekarang sedang dilelang melalui situ Race Cars Direct. Mobil itu adalah FW07 yang dipakai tim Williams pada F1 musim 1979 dan berhasil membawa Alan Jones naik podium di Grand Prix Belanda.

Sepanjang musim tersebut, FW07 berkompetisi di tujuh seri lainnya di tangan Jones maupun rekan dia Clay Regazzoni. Pada tahun berikutnya, mobil ini juga bertarung di AFX British F1 Championship dan mengamankan empat pole position serta tiga kemenangan.

FW07 merupakan mobil balap cukup spesial dalam sejarah tim Williams karena menjadi yang pertama menggunakan teknologi ground effect yang baru diperkenalkan oleh Lotus di F1. Mobil tersebut dipuji karena berdimensi sangat kecil plus ringan, hanya 579 kg.

Berangkat darinya, tim Williams lalu berhasil mereduksi lagi bobot mobil balap mereka menjadi 540 kg di musim balap 1981 dan 1982.

Informasi dari pelelangan dijelaskan bahwa setelah kesuksesannya di dunia balap, FW07 mengalami restorasi besar-besaran. Restorasi tersebut berusaha mempertahankan keaslian suku cadang serta komponen dan jika pun tak bisa, suku cadang penggantinya dipastikan berkualitas tinggi.

Demi membuatnya mampu digeber sempurna, mesin plus transmisi dibangun ulang oleh para spesialis di Geoff Richardson  Engineering dan BPA Engineering.

Berdasarkan penelusuran Mobil123.com, tawaran tertinggi sementara sudah mencapai sekitar 940 ribu dollar AS, setara Rp 12,86 miliar. Dengan waktu penawaran hingga 31 Maret 2018, angka sejuta dollar masih amat mungkin tembus. (Xan/Ari)



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di sebuah harian umum nasional dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Chat Bantuan
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Chat Bantuan
Support