Supercar Mirip F1 Ini Dijual di Indonesia, Kuota Cuma 3 Unit Setahun

Mobil Baru

Supercar Mirip F1 Ini Dijual di Indonesia, Kuota Cuma 3 Unit Setahun

JAKARTA – BAC Mono, supercar bertampang mirip mobil balap Formula One (F1), resmi masuk dan menggoda para orang kaya Indonesia. Selain berharga mahal, kuotanya untuk pasar Tanah Air juga luar biasa sedikit, dengan inden yang tak kalah lama.

BAC Mono hadir di Indonesia dengan menggandeng TDA Luxury Toys. Dealer mobil mewah yang berlokasi di Jl. Kramat Pela Raya No.31, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan itu menjadi distributor sekaligus bengkel resmi BAC di Tanah Air.


BAC, atau Briggs Automotive Company, merupakan pabrikan otomotif yang lahir pada 2009. Mono pertama kali meluncur pada 2011 dan sudah beberapa kali diperbarui oleh korporasi yang bermarkas di Liverpool, Inggris itu.

“BAC adalah perusahaan yang saya bangun dengan saudara kandung saya. Saya adalah seorang insinyur, petrolhead (penggila otomotif—Red), serta wirausahawan. Saya dan saudara saya sebelumnya bekerja di berbagai merek di industri otomotif selama 25 tahun dan 12 tahun lalu kami memiliki ide membuat merek mobil sendiri,” papar Neill Briggs, Co-Founder and Product Development Director BAC dalam konferensi pers peluncuran pada Rabu (9/12/2020) di Jakarta.

BAC, menurut dia, memproduksi mobil tubular dengan tampang mirip mobil – mobil Formula. Bedanya, kendaraan mereka sepenuhnya legal dan memenuhi semua regulasi untuk bisa dikemudikan di jalan raya.


“Ini (BAC Mono) adalah supercar single seater pertama di dunia,” tegas Neill.

Mono yang meluncur dan dijual di Nusantara sendiri tampaknya masih versi 2015, belum versi terbaru yakni Mono R (meluncur Juli 2019) maupun The New Mono (awal 2020). Ini bisa diketahui dari paparan mengenai spesifikasi mesin bensinnya yang berkapasitas 2.5-liter Naturally Aspirated dengan tenaga maksimal 304 hp di 8.000 rpm.

Adapun Mono R dan The New Mono sudah menyandang mesin bensin 2.3-liter turbocharged.


Daya dari mesin yang terpasang secara longitudinal di rangka disalurkan menuju dua roda belakang (Rear Wheel Drive/RWD) oleh transmisi sekuensial enam percepatan standar spesifikasi Formula 3 (F3). Meski masih versi 2015, Neill mengklaim BAC Mono tersebut sudah berada di level berbeda dari Lamborghini maupun Ferrari, dengan akselerasi 0-100 km per jam hanya 2,8 detik.

“Mobil ini memegang 12 rekor di berbagai trek maupun sirkuit dunia. Ini juga merupakan mobil RWD tercepat di dunia. Kecepatan tertingginya 270 mil per jam (434,5 km per jam),” tegas dia.

William Tjandra, Presiden Direktur TDA Luxury Toys, mengatakan kuota pemesanan untuk Indonesia saat ini hanya 3 unit per tahun. Inden bagi tiap unitnya pun cukup lama yakni bisa mencapai 2 tahun.


Ini karena kapasitas produksi pabrik BAC di Liverpool hanya 50 unit setahun. Sementara, permintaan di 42 negara yang sudah memasarkannya cukup tinggi.

“Harganya sangat tergantung karena bisa disesuaikan dengan permintaan dari konsumen. Tapi harga dasarnya mulai dari miliaran rupiah, satu digit angka di depan,” jelas William menanggapi pertanyaan Mobil123.com. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar