Wuling Belum Mau Masuk ke Segmen LCGC

Berita Otomotif

Wuling Belum Mau Masuk ke Segmen LCGC

TANGERANG – Wuling mengungkapkan fokus mereka yang kini baru untuk segmen multi purpose vehicle (MPV) serta sport utility vehicle (SUV) pada tahun depan. Meski begitu, mereka tak menutup kemungkinan terjun di segmen low cost green car (LCGC) suatu waktu di masa mendatang.

Wuling saat ini baru memasarkan MPV yaitu Confero 1.5-liter (meluncur Agustus 2017), Cortez 1.8-liter (Februari 2018), Cortez 1.5-liter (April 2018). Model pertama ada di kelas low multi purpose vehicle (LMPV), sedangkan model-model selanjutnya ada di kelas medium MPV.

Pada tahun depan, pabrikan asal China ini bersiap mengaspalkan SUV Baojun 530 dengan nama berbeda. Mobil ini sudah dipamerkan terlebih dahulu dalam Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018 belum lama ini di Serpong, Tangerang.

Jason Ding, Brand and Marketing Director PT. SAIC General Motors Wuling (SGMW) Indonesia, menjelaskan bahwa mereka ingin ada di segmen-segmen yang menjadi arus utama di pasar otomotif Tanah Air. Segmen-segmen dengan volume penjualan besar mereka incar.

“Karena itu kami bawa LMPV, pasar terfavorit di sini, lalu medium MPV yang juga besar, seterusnya adalah SUV sebagai segmen yang terus tumbuh. Saat ini kami fokus di situ dulu dengan melihat waktu dan sumber daya terbatas kami di tahap awal pengembangan merek kami di sini,” papar meladeni pertanyaan Mobil123.com soal potensi main di LCGC.

Dengan demikian, sambung Jason, Wuling belum berencana menyaingi model-model seperti Toyota Calya, Toyota Agya, atau Daihatsu Sigra dan Daihatsu Ayla di segmen LCGC. Tapi Jason mengakui sebenarnya banyak segmen yang bisa mereka eksplorasi di Indonesia.

“Kami butuh memusatkan fokus kami di segmen-segmen tertentu sekarang. Banyak segmen yang masuk dalam konsiderasi kami, apakah sedan, kendaraan komersial, LCGC, banyak opsi. Tapi di fase ini kami butuh fokus dan itu adalah MPV plus SUV,” ujar Jason lagi.

Wuling sendiri saat ini memiliki pabrik perakitan di Cikarang, Bekasi plus 80 dealer hingga semester pertama. Mereka memastikan seluruh model yang dijual di Indonesia pastinya dirakit di dalam negeri. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar