Wuling: Penambahan Satu Fitur Bisa Mengubah Keputusan Membeli Mobil

Berita Otomotif

Wuling: Penambahan Satu Fitur Bisa Mengubah Keputusan Membeli Mobil

TANGERANG – Wuling menjelaskan strategi pemosisian produk serta harga di pasar Indonesia yang berhasil membuat mereka menjadi 'kuda hitam'. Menurut pabrikan asal China tersebut, penambahan fitur, walaupun misalnya hanya satu dan relatif kecil, jika disertai harga tepat bisa mengubah pengambilan keputusan.

Wuling meluncurkan produk perdana mereka pada Agustus 2017 yaitu Confero 1.5-liter. Kini, dalam waktu setahun, mereka sudah menambah lini produk dengan Cortez 1.8-liter plus Cortez 1.5-liter dan pada tahun depan sudah memastikan bakal memasarkan SUV Baojun 530.

Semuanya dijual dengan pemosisian harga yang cukup berselisih jauh dibanding kompetitor sekelas, tapi disertai fitur lebih banyak. Wuling menyebutnya sebagai ‘value for money’ dan dengan ini mereka berhasil mendistribusikan sekitar 14 ribu unit kendaraan dalam kurun setahun.

Jason Ding, Brand and Marketing Director PT. SAIC General Motors Wuling Indonesia (SGMW), menjelaskan bahwa pertimbangan konsumen dalam membeli mobil beragam. Ada yang membeli karena melihat merek dan persepsi merek, ada yang melihat desain, ada pula yang melihat fitur.

“Satu perbedaan fitur kecil bisa mengubah  proses pengambilan keputusan dalam membeli mobil. Kami sendiri akan menyertakan faktor-faktor komprehensif dalam produk serta layanan servis demi memastikan penilaian ‘value for money’ dari konsumen,” ujar dia menanggapi pertanyaan Mobil123.com belum lama ini di Serpong, Tangerang.

Sebagai informasi, penjualan Wuling sejak Agustus 2017 hingga Juni 2018 menurut data wholesales Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) adalah 13.170 unit. Pada semester satu 2018 sendiri Wuling berhasil merangsek ke peringkat 10 besar merek terlaris di Indonesia dengan penjualan 8.120 unit. Mereka juga sudah berhasil membangun 80 dealer di seluruh Indonesia.

Adapun target Wuling pada tahun ini adalah 30 ribu unit. Mereka bakal berusaha mengejarnya dengan model-model yang ada ditambah satu model bermesin 1.2-liter dengan platform Confero 1.5-liter. Model ini akan meluncur pada akhir 2018. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar