Wuling: Diskon Besar Bukan Strategi Kami Saat Ini

Berita Otomotif

Wuling: Diskon Besar Bukan Strategi Kami Saat Ini

JAKARTA – Wuling menjelaskan bahwa mereka saat ini tidak akan memberikan diskon besar-besaran hanya demi menggeber penjualan.

Persaingan yang semakin keras dan ganas di pasar otomotif Indonesia sempat memicu ‘perang diskon’ antar pabrikan dalam beberapa tahun terakhir. Wuling, di sisi lain, mengaku tidak ingin ikut serta di dalamnya meski berstatus sebagai ‘pemain’ baru dari China penantang merek-merek besar asal Jepang yang sudah jauh lebih matang di pasar roda empat Tanah Air.

Cindy Cai, Vice President of Vehicle, Sales, Service, Marketing PT. SAIC General Motors Wuling (SGMW) Indonesia mengakui bahwa dealer-dealer mereka memang memberikan potongan harga bagi konsumen. Akan tetapi, jumlahnya tak besar. Sayang ia tidak menyebutkan kisaran potongan harga yang diberikan.

“Jadi kami sekarang mau fokus meningkatkan servis serta produk bagi para konsumen kami di sini. Diskon tak menjadi fokus kami. Yang penting bagi kami saat ini adalah memberikan produk-produk yang value for money kepada konsumen,” ucap Cindy usai peluncuran Wuling Formo belum lama ini di Jakarta.

Pergerakan Wuling di Indonesia sendiri terbilang amat cepat. Memperkenalkan diri pada 2015, pabrikan ini membutuhkan dua tahun untuk membangun pabrik plus kawasan khusus bagi para pemasok komponen dengan nilai investasi lebih dari Rp 9 triliun.

Meresmikan pabrik pada Juli 2017, Wuling lalu meluncurkan produk perdana mereka, Confero, sebulan setelahnya. Selanjutnya secara berturut-turut ada Cortez 1.8-liter (Februari 2018), disusul oleh Cortez 1.5-liter (April 2018).

Terakhir, Formo, yang memakai platform Confero tapi bermesin lebih kecil, mengaspal pada pekan pertama November. Seluruh model Wuling sejauh ini adalah multi purpose vehicle (MPV).

Mereka juga agresif membangun dealer. Target 80 dealer di Indonesia pada 2018 sudah tercapai pada semester satu kemarin dan kini Wuling telah meresmikan 82 dealer.

Dengan strategi harga berselisih cukup jauh dari kompetitor tapi fitur lebih banyak, penjualan wholesales Wuling 5.050 unit di 2017. Sementara itu, pada Januari – September 2018, Wuling menjual 12.317 unit.

Pada semester satu 2019, mereka akan meluncurkan model sport utility vehicle (SUV) yang di China bernama Baojun 530. Model bermesin 1.5-liter turbo ini nantinya bermain di segmen medium SUV. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar