Wuling Berkomentar Soal Biaya Iklan TV Rp 39 Miliar di Kuartal Ketiga 2018

Berita Otomotif

Wuling Berkomentar Soal Biaya Iklan TV Rp 39 Miliar di Kuartal Ketiga 2018

JAKARTA – Wuling angkat suara soal laporan pengeluaran iklan televisi (TV) lebih dari Rp 39 miliar pada Juli – September kemarin.

Seperti diberitakan sebelumnya, data riset PT. Sigi Kaca Pariwara melaporkan bahwa Wuling berada di peringkat ketiga merek otomotif dengan anggaran iklan TV terbesar pada kuartal ketiga 2018. Pabrikan asal China ini menggelontorkan Rp 39,48 miliar atau turun 40,76 persen jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya (year on year) yang mencapai Rp 66,64 miliar.

Di atas Wuling, di peringkat pertama, ada Mitsubishi Xpander dengan Rp 105,45 miliar. Di posisi kedua muncul Yamaha dengan Rp 90,42 miliar.

Menanggapi hal ini, Dian Asmahani, Brand Manager PT. SAIC General Motors Wuling (SGMW) Indonesia, mengaku biaya iklan mereka pada periode tersebut sesungguhnya tidak sebesar itu. Data yang banyak dirilis, menurut Dian, kemungkinan adalah gross expenses, bukan nett expenses.

“Kalau net expenses tak sampai segitu. Tapi maaf jumlahnya tidak bisa kami sebut,” ujarnya usai peluncuran Wuling Formo, multi purpose vehicle (MPV) terbaru yang khusus menyasar pasar mobil komersial, pada Rabu (7/11/2018) di Jakarta.

Meski begitu, Dian mengakui bahwa Wuling, sebagai merek pendatang baru di pasar otomotif Tanah Air, memiliki strategi komunikasi massa yang ‘harus dilakukan’ untuk mengakselerasi kesadaran publik terhadap mereka. Strategi tersebut mesti komprehensif, baik dari media massa hingga ke bawah demi mengenalkan Wuling secara lebih mendalam.

“Budget kami berapa, kami tidak bisa bilang,” kata Dian lagi.

Wuling pertama kali memperkenalkan diri di Indonesia pada 2015, ketika mereka mempublikasikan investasi pembangunan pabrik di Cikarang, Bekasi sebesar 700 juta dollar yang saat itu setara Rp 9,3 triliun. Pada Agustus 2017, hanya hitungan bulan setelah pabrik beroperasi, Wuling mengaspalkan Confero 1.5-liter yang disusul oleh Cortez 1.8-liter (Februari 2018) serta Cortez 1.5-liter (April 2018). Semuanya merupakan MPV.

Pada Januari – September 2018, Wuling menjual 12.317 unit. Secara total, dalam kurun 14 bulan kehadiran di Indonesia, telah mendistribusikan lebih dari 17 ribu unit kendaraan dan meresmikan 82 dealer. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di sebuah harian umum nasional dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual