Wuling Belum Berpikir Kembangkan Mobil Khusus Indonesia

Berita Otomotif

Wuling Belum Berpikir Kembangkan Mobil Khusus Indonesia

TANGERANG – Wuling saat ini belum berencana mengembangkan mobil yang khusus untuk pasar Indonesia. Platform-platform mobil dari China masih harus dipakai demi skala ekonomi yang berdampak pada harga jual.

Semua mobil yang dijual Wuling di Indonesia sejak Agustus 2017 memang diambil dari China dengan penyesuaian nama, spesifikasi, plus dirakit secara lokal. Model pertama mereka, Confero, di ‘Negeri Tirai Bambu’ bernama Hongguang S1.

Adapun Cortez, model kedua Wuling di Tanah Air, di negara asalnya dijual dengan nama Baojun 730. Pada akhir tahun ini, mereka berencana meluncurkan mobil 1.2-liter dari platform Confero. Sport utility vehicle (SUV) yang bakal dijual di sini tahun depan pun di China bernama bernama Baojun 530.

“Untuk saat ini kami pikir kami harus mendayagunakan platform-platform yang ada dulu di China dan memaksimalkan skala ekonomi kami,” tandas Jason Ding, Brand and Marketing Director PT. SAIC General Motors Wuling (SGMW) Indonesia baru-baru ini di Serpong, Tangerang.

Skala ekonomi, menurutnya, merupakan salah satu kunci untuk memberikan harga yang amat kompetitif di pasar otomotif nasional. sebagai informasi, dua pabrikan mobil China yakni Wuling dan Dongfeng Sokon (DFSK) memang menantang dominasi merek-merek Jepang di Indonesia dengan memberikan harga yang cukup berselisih jauh dari kompetitor sekelas, tapi berfitur lebih lengkap plus canggih.

“Jika kami ingin mempertahankan biaya produksi, kami perlu platform yang dipakai dalam skala sangat besar, juga teknologi yang sudah matang serta stabil. Dengan begitu baru kami bisa memberikan banyak keuntungan bagi konsumen,” papar Jason lagi.

Wuling pada Agustus ini genap setahun memasarkan produk-produk mereka di Indonesia dengan penjualan wholesales sekitar 14 ribu unit dan 80 jaringan penjualan serta purnajual. Dalam setahun, sudah ada Confero 1.5-liter, Cortez 1.8-liter dan Cortez 1.5-liter.

Jason mengaku cukup puas dengan pencapaian penjualan maupun atensi publik terhadap Wuling. Ia merasa Wuling sudah berhasil memberikan alternatif produk bagi masyarakat negeri ini. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar