UD Trucks Kuzer Belum Mau Ajak Berkelahi Colt Diesel

Berita Otomotif

UD Trucks Kuzer Belum Mau Ajak Berkelahi Colt Diesel

JAKARTA - UD Trucks Kuzer untuk tahun ini mengaku belum mau berhadap-hadapan langsung dengan para kompetitornya, termasuk pesaing terberat mereka yakni Mitsubishi Fuso Colt Diesel. Untuk sementara, Kuzer masih akan 'merayu' konsumen-konsumen lama UD Trucks yang ada dalam database.

Kuzer merupakan truk ringan (light duty truck/LDT) pertama UD Trucks di Indonesia yang dipamerkan dalam pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017 dan meluncur di GIIAS 2018. Penjualannya sendiri baru dimulai pada Januari 2019.

“Varian yang kami jual ada dua dan kami fokus di sasis truk enam roda, bukan empat roda. Ini karena 80 persen pasar LDT ada di sana. Yang membedakannya hanya panjang wheelbase (sumbu roda),” ujar Hendro Priyo Purnomo, Kepala Wilayah Indonesia Bagian Barat Astra UD Trucks, dalam Media Gathering pada Selasa (19/3/2019) di Sunter, Jakarta.

Adapun dua varian itu adalah RKE 150 WB 3350 dan RKE 150 WB 3850. Keduanya mempunyai masing-masing tiga tipe yakni Basic (berfitur Cruise Control dan Fuel Coaching), Intermediate (Cruise Control, Fuel Coaching, AC), atau Fully Loaded (Cruise Control, Fuel Coaching AC, Telematic).

Hendro menjelaskan strategi UD Trucks di awal kehadiran Kuzer adalah memasarkan serta menjualnya ke konsumen-konsumen yang sudah ada dalam database terlebih dahulu. Mereka adalah perusahaan-perusahaan yang membeli truk menengah (medium duty truck/MDT) maupun truk berat (heavy duty truck/HDT) UD Trucks Quester.

“Mereka ini konsumen kategori 3 (MDT) dan kategori 5 (LDT). Mereka sebenarnya juga punya LDT tapi bukan untuk bisnis inti, tapi digunakan sebagai pendukung seperti untuk truk servis atau truk kargo,” papar dia meladeni pertanyaan Mobil123.com dalam sesi tanya-jawab.

Jumlah perusahaan-perusahaan yang sudah ada dalam database UD Trucks hampir 3.000. Merek asal Jepang tersebut, menurut Hendro, menargetkan 60 persen di antaranya sudah menggunakan Kuzer tahun ini.

Ia menilai masing-masing perusahaan tersebut bisa saja membeli lebih dari satu unit Kuzer. UD Trucks mengaku tidak memasang target volume penjualan bagi sang jagoan baru mereka.

“Kami mulai dari situ, langkah selanjutnya baru kami ingin ‘mengenal’ juga konsumen-konsumen baru milik para kompetitor seperti Hino Dutro dan Mitsubishi Fuso Colt Diesel. Dalam jangka panjang, kami ingin meraih 20 persen pangsa pasar LDT,” tutup Hendro. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar