UD Trucks Kuzer Rencananya Dirakit Lokal pada 2021 atau 2022

Berita Otomotif

UD Trucks Kuzer Rencananya Dirakit Lokal pada 2021 atau 2022

SERPONG – UD Trucks Kuzer, pesaing terbaru Mitsubishi Colt Diesel, sedang dalam persiapan untuk dirakit secara lokal di Indonesia.

Kuzer meluncur di Indonesia pada Agustus 2018 dengan keunggulan di sektor mesin, daya angkut, dan fitur-fitur penghemat BBM semisal Cruise Control, Fuel Coaching, plus Telematics. Kendaraan di segmen truk ringan (Light Duty Truck/LDT/Kategori 2) yang masih diimpor secara utuh ini baru dijual mulai Januari 2019 karena UD Trucks perlu waktu untuk mempersiapkan layanan penjualan dan purnajualnya.

Bambang Widjanarko, General Manager Astra UD Trucks, membeberkan rencana perakitan lokal Kuzer. Fasilitas perakitan kendaraan milik PT. Astra International yaitu Gaya Motor di Sunter, Jakarta akan mereka manfaatkan.

“Kami baru menyiapkan, preparasi untuk produksi lokalnya (Kuzer) di Indonesia. Kalau truk yang besar (Quester), kan, sudah kami rakit di Indonesia. Di Gaya Motor. Ini baru kami siapkan lajur produksinya,” ucap Bambang menjawab pertanyaan Mobil123.com pada akhir pekan lalu dalam Astra Auto Fest 2020 di Serpong, Tangerang.

Menurut rencana, Kuzer mulai dirakit secara lokal pada 2021 atau selambat-lambatnya 2022. Volume penjualannya ketika sudah menjadi produk rakitan Tanah Air diproyeksikan minimal 1.000 unit setahun.

Adapun penjualan Kuzer pada 2019, aku Budi Rudianto selaku Brand Manager UD Trucks Kuzer, adalah 200-an unit. Pada 2020 ini target penjualannya ialah 350 unit.

Sebagai pendatang baru, Kuzer belum berani menantang langsung pemimpin di segmen truk ringan, Colt Diesel. Sekarang UD Trucks baru menawarkannya ke para pemakai Quester yang membutuhkan pula truk ringan.

Harga
Harga Kuzer yang lebih mahal dari kompetitornya, termasuk dari Colt Diesel, disebut Bambang menjadi tantangan mereka saat ini. Perakitan lokal setahun – dua tahun lagi diharapkan membuat harganya lebih kompetitif.

“Kalau suda dirakit lokal, kami baru berani benar-benar masuk ke pasar dan besarkan pangsa pasar kami,” tukas Bambang.

Meski demikian, ia menjelaskan harga Kuzer masih akan berada di atas Colt Diesel. Dengan volume penjualan yang masih kalah darinya, harga tidak bisa menyamai apalagi di bawahnya.

“Karena volume belum besar, bisa pertahankan harga saja sudah bagus. Dari tahun ke tahun, kan, harga naik,” tukas dia. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support