Toyota Raize Calon ‘Mobil Sejuta Umat’ yang Baru?

Berita Otomotif

Toyota Raize Calon ‘Mobil Sejuta Umat’ yang Baru?

JAKARTA – Toyota Raize diyakini bakal menjadi salah satu model kendaraan paling laku di Indonesia. Tapi, akankah menjadi ‘mobil sejuta umat’ seperti Toyota Avanza?

Seperti diberitakan, Raize adalah SUV compact baru di pasar otomotif nasional yang resmi mengaspal pada Jumat (30/4/2021). Ini adalah produk kolaborasi Toyota – Daihatsu kelima di Nusantara.

‘Saudara’ Raize dari sisi Daihatsu bernama Rocky yang juga meluncur pada hari yang sama. Seperti produk – produk kolaborasi yang lain, perakitan lokal sama – sama dilakukan di pabrik PT. Astra Daihatsu Motor (ADM).

Harga Raize - Rocky hanya Rp 200 jutaan. Kisaran banderol Raize sendiri, untuk empat tipe bermesin 1.0-liter turbo selama masa insentif Pajak Penjualan Barang Mewah (PPnBM) 100 persen hingga Mei nanti, 'hanya' Rp219,9 – 263,7 juta. Akan tetapi, fitur – fiturnya sangat canggih.

Toyota Raize

Anton Jimmi Suwandy, Direktur Pemasaran PT. Toyota Astra Motor (TAM), percaya Raize bisa menjadi ‘bintang’ baru di pasar roda empat Tanah Air. SUV yang menjalani debut global di Jepang pada akhir 2019 ini ia anggap berpotensi menjadi salah satu model terlaris di Indonesia pada masa depan.

Meski demikian, Anton merasa volume penjualannya mungkin tidak bakal semasif Avanza.

Sebagai informasi, Avanza mengaspal sejak akhir 2003 hingga kini. Semenjak itu, MPV ini hampir selalu menjadi mobil terlaku di Indonesia. Pada Desember 2019, total penjualannya sudah 1,8 juta unit.

mobil sejuta umat Toyota Avanza

“Sekali lagi saya sampaikan bahwa di Indonesia segmen 7-seater tetap lebih besar daripada 5-seater. Tapi, saya rasa, Raize dengan volume penjualan (ditargetkan) kira – kira 2.000 unit per bulan akan menjadi (salah satu) best seller model, lah, di Indonesia,” ucap Anton dalam konferensi pers peluncuran via Zoom.

Selain memiliki berbagai fitur kenyamanan cukup mentereng yang disebar di keempat tipe bermesin 1.0-liter turbo, daftar fitur keselamatan Raize amat lengkap dan canggih untuk rentang harga Rp200 juta.

Sebagai fitur keselamatan standar, ada Dual SRS airbag, sistem pengereman ABS, Vehicle Stability Control, Hill Start Assist, Rear Parking Camera, Rear Parking Sensor, Alarm, Immobilizer.

Toyota Raize 2021

Tipe tertingginya, GR Sport CVT TSS, malah punya perangkat sistem keselamatan aktif Toyota Safety Sense berisikan Pre Collision Warning and Brake, Adaptive Cruise Control, Front Departure Alert, Lane Departure Assist, Pedal Missoperation Control, Rear Crossing Traffic Alert, dan Blind Spot Monitoring. Masih ada pula enam buah airbag. [Xan]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar