Toyota, Daihatsu Perkenalkan Raize-Rocky Sebagai Produk Kolaborasi Kelima

Berita Otomotif

Toyota, Daihatsu Perkenalkan Raize-Rocky Sebagai Produk Kolaborasi Kelima

JAKARTA – Toyota dan Daihatsu resmi memperkenalkan Raize – Rocky sebagai produk kolaborasi terbaru mereka di Indonesia.

Raize – Rocky menjadi produk kolaborasi kelima dari Toyota dan Daihatsu di negeri ini. Sebelumnya, sudah ada Toyota Avanza – Daihatsu Xenia (2003), Toyota Rush – Daihatsu Terios (2006), Astra Toyota Agya dan Astra Daihatsu Ayla (2012), serta Astra Toyota Calya plus Astra Daihatsu Sigra (2016).

Semuanya dirakit di pabrik PT. Astra Daihatsu Motor (ADM).

“Daihatsu berkolaborasi dengan Toyota untuk mendukung bisnis kendaraan kompak Toyota Group agar kompetitif, termasuk dalam hal pengembangan produk dan produksinya,” ucap Soichiro Okudaira, President Director Daihatsu Motor Company dalam konferensi pers virtual bertajuk ‘Kolaborasi Toyota dan Daihatsu: Sinergi untuk Negeri’ pada Rabu (28/4/2021) via YouTube Toyota Indonesia dan Daihatsu Indonesia.

Peluncuran resmi Raize – Rocky sendiri baru akan terjadi pada Jumat (30/4/2020) mendatang.

Yoichi Miyazaki, Chief Executive Officer Asia Region Toyota Motor Corporation, mengatakan pihaknya bekerja sama dengan Daihatsu dengan memaksimalkan kekuatan dari dua perusahaan.

Toyota Raize

“Dengan berinvestasi di teknologi canggih dan mempromosikan komponen lokal, perusahaan akan terus meningkatkan daya saing dan mendukung tujuan pemerintah Indonesia mengembangkan industri otomotif,” ucap dia.

Meski sebelum ini informasi yang bocor mengenai Raize – Rocky sudah cukup berlimpah, dalam konferensi pers kolaborasi belum banyak pembahasan mengenai spesifikasi maupun fitur keduanya. Untuk Raize, Miyazaki hanya mengatakan desainnya sporty dan stylish.

“Di Indonesia, Raize akan hadir melalui PT. Toyota Astra Motor dan dealer – dealer Toyota,” tandasnya.

Sementara itu, Okudaira menjelaskan Rocky dikembangkan di Research and Development Center ADM. Produksinya pun nantinya dilakukan di pabrik ADM.

Daihatsu Rocky

“Kami juga mengevaluasi fitur keamanan prefentif terbaru dari Daihatsu Rocky yang diperkenalkan di Indonesia dengan harga terjangkau,” tandas dia.

Unit Rocky bakal tersedia di dealer – dealer Daihatsu mulai 30 April 2021.

Djoni Bunarto Tjondro, Presiden Direktur PT. Astra International yang notabene menjadi partner joint venture kedua merek di Indonesia, menyatakan kehadiran Raize – Rocky menambah lagi daftar produk rakitan lokal Toyota – Daihatsu. Mayoritas model Toyota – Daihatsu di Nusantara sendiri sudah diproduksi di dalam negeri dengan komponen lokal sampai dengan 95 persen.

Agus Gumiwang, Menteri Perindustrian, berharap komponen lokal Raize – Rocky bisa terus ditingkatkan.

“Saya harap ADM sebagai produsen kedua model kendaraan tersebut berkomitmen meningkatkan komponen lokal hingga lebih dari 70 persen termasuk mesin, bodi, sasis dan transmisi,” pungkas Agus. [Xan]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar