Sudah Bersiap, Inden Toyota Raize Diusahakan Tak Lama

Berita Otomotif

Sudah Bersiap, Inden Toyota Raize Diusahakan Tak Lama

JAKARTA – Toyota sudah mempersiapkan diri sematang mungkin menghadapi permintaan konsumen terhadap Raize, dengan harapan indennya tidak selama mobil – mobil 1.500 cc ke bawah lain yang mendapatkan insentif Pajak Penjualan Barang Mewah (PNNBM).

Seperti diberitakan sebelumnya, relaksasi PPnBM untuk mobil – mobil 1.500 cc ke bawah di tengah pandemi Covid-19 mulai Maret 2021 membuat permintaan meroket. Sayang, kemampuan produksi yang memang sedang turun akibat pandemi tak bisa mengimbangi, sehingga inden mengular.

Inden Daihatsu, misalnya, bisa mencapai 3 bulan untuk model – model yang mendapatkan insentif PPnBM.

Toyota sendiri pada Jumat (30/4/2021) meluncurkan secara virtual SUV compact Raize yang juga mendapatkan insentif PPnBM. Kisaran harga on the road Jakartanya, di masa diskon PPnBM 100 persen, adalah Rp 219,9 – 263,7 juta.

Toyota Raize

Anton Jimmi Suwandy selaku Direktur Pemasaran PT. Toyota Astra Motor (TAM), dalam konferensi pers peluncuran via Zoom, memprediksi penjualan Raize rata – rata ada di angka 2.000 unit per bulan. Kemampuan dan kapasitas produksinya di pabrik PT. Astra Daihatsu Motor pun dipersiapkan atas dasar hitung – hitungan tersebut.

Adapun total produksi Raize bersama ‘saudaranya’ Daihatsu Rocky tahun ini diperkirakan 34.300 unit. Sebanyak 8.800 unit di antaranya untuk ekspor.

“Dari pihak produksi pun sudah mempersiapkan berdasarkan dari hitung – hitungan ini. Persiapan produk ini sebenarnya sudah cukup lama. Jadi, kami sudah ancang – ancang sebelumnya mengenai produksi dan volumenya. Mudah – mudahan kami tetap bisa memenuhi kebutuhan konsumen,” ucap Anton merespons pertanyaan Mobil123.com dalam konferensi pers peluncuran secara virtual.

Meski demikian, Anton menegaskan lamanya inden juga tergantung seberapa besar permintaan pasar. Jika ternyata jumlah Surat Pemesanan Kendaraan (SPK) Raize melebihi ekspektasi, Toyota akan mencoba meminta kepada ADM untuk menambah produksinya.

“Kami sudah mempersiapkan untuk produksi di bulan ini dan bulan depan. Kami coba berdasarkan situasi karena teman – teman di pabrik pun sekarang menghadapi kondisi bulan puasa dan Lebaran. Tapi, mereka tetap berusaha semaksimal mungkin untuk menyuplai produk – produk kami termasuk Raize,” papar dia. [Xan]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar