Resmi Meluncur, Harga Toyota Raize Makin Murah dengan Diskon PPnBM!

Mobil Baru

Resmi Meluncur, Harga Toyota Raize Makin Murah dengan Diskon PPnBM!

JAKARTA – Toyota Raize akhirnya resmi meluncur di Indonesia disertai dengan diskon harga, berkat adanya insentif Pajak Penjualan Barang Mewah (PPnBM).

Raize meluncur secara virtual pada Jumat (30/4/2021), hari yang sama dengan introduksi ‘saudaranya’ Daihatsu Rocky,  via YouTube. Raize yang pertama kali dijual di Indonesia adalah yang bermesin bensin 1.0-liter turbo.

Ada empat tipe yang dijual yaitu G MT, G CVT, GR Sport CVT, plus GR Sport CVT TSS.

“Empat tipe itu dikali dua, karena ada pilihan warna single tone dan two tone,” ucap Anton Jimmi Suwandy, Direktur Pemasaran PT. Toyota Astra Motor (TAM) dalam konferensi pers via Zoom sebelum seremoni virtual.

Toyota Raize 2021

Harga Toyota Raize (Diskon PPnBM 100%)

Seperti Rocky, Raize sudah dipastikan mendapat insentif PPnBM sejak sebelum peluncuran. Ini membuat harganya turun jauh karena Maret - Mei adalah periode pembebasan penuh PPnBM bagi mobil - mobil 1.500 cc ke bawah yang memenuhi syarat.

“Harganya, kalau PPnBM normal, dimulai dari Rp236,8 juta (on the road Jakarta untuk tipe G MT). Tapi karena April dan Mei masih menikmati insentif PPnBM 0 persen, harganya menjadi Rp219,9 juta,” ujar Anton mencontohnya.

Kisaran harganya saat meluncur di masa pemberian relaksasi pajak PPnBM 100 persen adalah Rp219,9 – 263,7 juta (lebih murah antara Rp16,9 – 20 jutaan). Berikut rincian harga Raize on the road Jakarta per tipenya untuk warna bodi single tone, sebelum dan sesudah diskon PPnBM:

  • 1.0 Turbo G MT dari Rp236,8 juta menjadi Rp219,9 juta
  • 1. 0 Turbo G CVT dari Rp251,1 juta menjadi Rp233,1 juta
  • 1. 0 Turbo GR Sport CVT dari Rp263 juta menjadi Rp244,7 juta
  • 1. 0 Turbo GR Sport CVT TSS dari Rp283,8 juta menjadi Rp263,7 juta

“Untuk two tone, perbedaan harganya sekitar Rp2 jutaan lebih tinggi,” pungkas Anton.

Spesifikasi Singkat Toyota Raize yang Canggih

Raize menjadi produk pertama Toyota di Indonesia dengan platform Daihatsu New Global Architecture (DNGA). Platform ini juga digunakan di Rocky.

SUV compact ini punya dimensi panjang 4.030 mm, lebar 1.710 mm, tinggi 1.635 mm. Wheelbasenya cukup panjang berkat platform DNGA yakni 2.525 mm sehingga kabin diklaim lega, sementara ground clearance-nya 200 mm.

Yuichi Imamura, Chief Engineer Raize, mengatakan konsep desain mobil ini adalah ‘Powerful and Sophisticated’. Desainnya berani dan bersudut tajam dengan pelek 17 inci, LED Headlamp, LED DRL, LED Sequential Turn Signal, LED Rear Combination Lamp.

Bagasi Raize diklaim paling luas di kelasnya. Fitur – fitur yang tersebar di berbagai tipenya adalah Keyless Entry, Start/Stop Button, Multi Information Display (MID) 7 Inch TFT dengan empat mode display, Paddle Shift, Audio Steering Switch, Interior Illumination, Head Unit 9 Inch with Smart Device T-Link and Personal Reminder.

Toyota Raize untuk pasar Indonesia

Seluruh tipe punya fitur keselamatan sistem pengereman Anti-lock Braking System (ABS), airbags, Vehicle Stability Control (VSC), Hill Start Assist (HSA), Seatbelt Warning, Rear Parking Sensor, Rear Parking Camera, serta Alarm + Immobilizer.

Tipe tertinggi Raize, selain punya enam airbags, juga punya teknologi canggih Toyota Safety Sense (TSS). Di dalamnya ada Pre Collision Warning and Brake, Adaptive Cruise Control, Front Departure Alert, Lane Departure Assist, Pedal Missoperation Control, Rear Crossing Traffic Alert, dan Blind Spot Monitoring.

Mesin Raize sementara ini hanya tersedia dalam opsi 1.0-liter turbo berdaya 98 ps dan torsi 140 Nm. Pasangannya adalah transmisi manual atau otomatis CVT. [Xan]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar