Lebih dari 34 Ribu Raize-Rocky akan Dirakit pada 2021, Ada yang Diekspor

Berita Otomotif

Lebih dari 34 Ribu Raize-Rocky akan Dirakit pada 2021, Ada yang Diekspor

JAKARTA – Produksi lokal Toyota Raize dan Daihatsu Rocky pada 2021 diproyeksikan mencapai puluhan ribu unit. Sebagian kecil di antaranya bakal diekspor.

Raize dan Rocky diperkenalkan secara virtual sebagai produk kolaborasi kelima dari Toyota – Daihatsu pada Rabu (28/4/2021). Peluncuran resminya baru akan terjadi pada Jumat (30/4/2021) mendatang.

Toyota Raize dan Daihatsu Rocky

Adapun empat model kolaborasi sebelumnya adalah Toyota Avanza – Daihatsu Xenia (2003), Toyota Rush – Daihatsu Terios (2006), Astra Toyota Agya – Astra Daihatsu Ayla (2012), Astra Toyota Calya – Astra Daihatsu Sigra.

Seperti para pendahulunya, Raize maupun Rocky bakal diproduksi di pabrik PT. Astra Daihatsu Motor (ADM). Bahkan, riset serta pengembangan produk menurut Soichiro Okudaira selaku Presiden Direktur Daihatsu Motor Company juga dilakukan di fasilitas milik ADM.

Agus Gumiwang Kartasasmita, Menteri Perindustrian, mengatakan produksi Raize – Rocky tahun ini diproyeksikan lebih dari 30 ribu unit. Ini sudah termasuk untuk pasar ekspor.

Dalam konferensi pers virtual, memang disebutkan bahwa Raize rakitan Nusantara akan diekspor ke nyaris 50 negara.

Toyota Raize

“Target produksi sampai Desember 2021 sebesar 34.300 unit, di mana 8.800 unit di antaranya didedikasikan untuk pasar ekspor,” pungkas Agus ketika memberikan kata sambutan.

Kehadiran duet SUV compact ini, lanjut menteri dari Partai Golkar tersebut, bakal memperkuat posisi Indonesia sebagai basis produksi kendaraan Toyota dan Daihatsu.

“(Raize dan Rocky) akan memperbesar peluang ekspor terutama ke negara – negara yang memiliki FTA (free trade agreement/perjanjian perdagangan bebas) di Indonesia, melibatkan lagi sumber daya manusia Indonesia, dan lebih banyak lagi pemasok lokal khususnya dari industri kecil dan menengah di rantai nilai industri otomotif Indonesia,” papar Agus.

Sebagai informasi, Toyota melakukan perakitan lokal di dua perusahaan. Selain di pabrik – pabrik milik ADM, produksi dilaksanakan pula di fasilitas milik PT. Toyota Motor Manufacturing Indonesia.

Pada tiga bulan pertama 2021, terdapat 49.200 unit mobil bermerek Toyota yang diekspor secara utuh (Completely Built Up/CBU). Kontribusinya mencapai 62 persen dari total ekspor kendaraan bermotor roda empat. [Xan]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar