Bermesin 1.000 cc Turbo, Torsi Toyota Raize Setara Mobil 1.500 cc

Berita Otomotif

Bermesin 1.000 cc Turbo, Torsi Toyota Raize Setara Mobil 1.500 cc

JAKARTA – Mesin Toyota Raize memang kecil, yaitu 1.000 cc turbo. Akan tetapi, kemampuannya diklaim setara dengan mobil – mobil berkapasitas mesin di atasnya.

Yuichi Imamura, Chief Engineer Toyota Raize, mengatakan bahwa performa SUV kompak lima penumpang ini menjadi salah satu perhatian utama dalam tahap riset dan pengembangan.

“Memadukan turbocharger dan mesin 1.0-liter (1.000 cc) dan transmisi CVT canggih, Raize dapat menghasilkan low-end torque setara mesin bensin 1.5-liter (1.500 cc) untuk memberikan Anda pengalaman mengemudi menantang selagi tetap menjaga efisiensi bahan bakar,” ucap dia dalam video peluncuran di YouTube resmi Toyota Indonesia.

Sekadar mengingatkan, Raize melakukan debut global di Jepang pada akhir 2019. Model ini kemudian mengaspal di Indonesia pada 30 April 2021, bersama – sama dengan sang ‘saudara’ Daihatsu Rocky.

Toyota Raize

Raize – Rocky sama – sama berbanderol Rp200 jutaan dan mendapatkan insentif Pajak Penjualan Barang Mewah (PPnBM) dari pemerintah pada Maret – Desember mendatang. Selama masa relaksasi PPnBM 100 persen, harga Raize untuk on the road Jakarta Rp219 – 263 jutaan.

Raize yang terlebih dahulu dijual di Indonesia adalah yang bermesin bensin 1.0-liter turbo, dengan transmisi manual lima percepatan atau otomatis CVT. Opsi mesin bensin 1.2-liter (1.200 cc) rencananya menyusul dijual pada semester kedua.

Mesin 1.0 cc turbo Raize berdaya 98 ps dengan torsi 140 Nm. Sebagai perbandingan saja, tenaga dan torsi mesin Toyota Rush, SUV tujuh penumpang bermesin 1.5-liter, adalah 104 ps serta 136 Nm.

Dapat dilihat bahwa secara tenaga, Raize kalah dari Rush. Akan tetapi, torsinya malah lebih besar.

Toyota Raize bermesin 1.000 cc turbo

Raize dan Rocky sama – sama diproduksi di pabrik PT. Astra Daihatsu Motor. Pasangan ini merupakan produk kolaborasi kelima Toyota – Daihatsu di Indonesia.

Meski berharga relatif terjangkau, keduanya bersenjatakan dengan fitur – fitur canggih. Seluruh tipe Raize, misalnya, punya sistem pengereman ABS+EBD, Vehicle Stability Control, Hill Start Assist, Seatbelt Warning, Rear Parking Sensor, Rear Parking Camera, Alarm, Immobilizer.

Tipe tertinggi Raize punya teknologi Toyota Safety Sense (TSS). Ada Pre Collision Warning and Brake, Adaptive Cruise Control, Front Departure Alert, Lane Departure Assist, Pedal Missoperation Control, Rear Crossing Traffic Alert, dan Blind Spot Monitoring. [Xan]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar