Toyota Percepat Target, Ingin Jual 5,5 Juta Mobil Listrik pada 2025

Berita Otomotif

Toyota Percepat Target, Ingin Jual 5,5 Juta Mobil Listrik pada 2025

TOKYO - Toyota mempercepat target penjualan 5,5 juta mobil listrik secara global, dari yang sebelumnya ingin dicapai pada 2030 menjadi pada 2025.

Percepatan target 5 tahun itu, berdasarkan pengumuman resmi Toyota baru-baru ini, dilakukan dengan melihat kebutuhan terhadap mobil listrik yang bakal meningkat dalam jumlah lebih cepat daripada perkiraan sebelumnya. Di samping itu, ada pula target memperkenalkan baterai berbahan padat (solid-state) untuk mobil listrik pada musim panas tahun depan, tepatnya sebelum Olimpiade 2020 di Tokyo.

“Keinginan untuk berusaha tidaklah cukup. Anda harus bisa memastikan bahwa Anda bisa memenuhi apa yang dibutuhkan. Jika memungkinkan, saat Olimpiade digelar tahun depan, kami ingin baterai solid-state kami presentasikan di depan publik,” ucap Shigeki Terashi, Head of Research and Development and Vice Presiden Toyota Motor Corporation seperti dikutip dari Reuters.

Tidak disebutkan secara mendetail berapa kontribusi dari model-model hybrid, plug-in hybrid electric vehicle (PHEV), mobil listrik murni, atau mobil listrik berbahan bakar hidrogen (fuel cel) terhadap target 5,5 juta unit pada 2025. Toyota hanya menjelaskan bahwa 1 juta di antaranya akan datang dari mobil listrik murni maupun fuel cel.

Toyota sendiri sudah memastikan akan merakit mobil hybrid di Indonesia mulai 2022. Belum disebutkan kapan aktivitas perakitan di Tanah Air berlanjut ke mobil listrik murni, namun mereka sudah menyatakan niat menjual mobil hybrid murah pada masa mendatang

Mobil listrik murni bakal memainkan peran penting terhadap ambisi Toyota. Pada April kemarin, mereka sudah memperkenalkan C-HR versi listrik di China, dengan penjualan yang rencananya dimulai tahun depan.

Khusus pasar Jepang, nantinya juga ada mobil listrik mungil dua penumpang dengan jarak tempuh 100 km. Pada 2020, Toyota sudah membeberkan ingin memiliki 10 model mobil listrik murni di seluruh dunia.

Salah satu produsen mobil terbesar sejagad ini pun mengungkapkan bakal membuat platform khusus mobil listrik dari platform TNGA yang ada sekarang ini. Platform tersebut kelak disebut e-TNGA dan bakal menjadi basis dari compact SUV hasil kolaborasi dengan Suzuki maupun medium SUV yang dikerjakan bersama-sama dengan Subaru.

Toyota pun merencanakan crossover, sedan, large SUV, hingga minivan listrik. Tidak disebutkan negara-negara mana saja yang menjadi target utama. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support