Toyota Genap 10 Tahun Jual Mobil HEV di Indonesia, Laku Ribuan

Berita Otomotif

Toyota Genap 10 Tahun Jual Mobil HEV di Indonesia, Laku Ribuan

TANGERANG - Toyota sudah mulai menjual mobil hybrid di Indonesia jauh sebelum dorongan untuk menghadirkan mobil ramah lingkungan muncul. Bahkan, mereka tahun ini genap 1 dekade menghadirkannya di pasar otomotif Tanah Air.

Hal ini Toyota rayakan dengan mengadakan ‘Electrification Day’ di sela-sela Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019. Pameran otomotif ini sendiri berlangsung pada 18 - 28 Juli 2019 di Indonesia Convention Exhibition (ICE), Serpong, Tangerang.

“Juni ini bertepatan dengan 10 tahun kami memperkenalkan hybrid di Indonesia. Kami melakukannya pada 2009 dengan Prius,” ucap Fransiscus Soerjopranoto, Executive General Manager PT. Toyota Astra Motor (TAM).

awal itu diikuti oleh langkah-langkah selanjutnya, baik oleh merek Toyota maupun Lexus. Khusus Toyota, model terakhir yang mereka luncurkan adalah C-HR Hybrid yaitu pada April 2019.

“Sejak itu hingga Juni 2019 ini kami sudah menjual hampir 2.100 unit mobil hybrid (Toyota dan Lexus),” lanjut Soerjo.

Riset dan pengembangan mobil listrik di Toyota global sendiri sudah berlangsung sejak 1990-an. Ide awalnya adalah menciptakan mobil dengan konsumsi bahan bakar minyak (BBM) lebih efisien 50 persen daripada model-model saat itu.

“Pada 1997 kami lalu meluncurkan mobil Hybrid produksi massal pertama, Prius,” ujar Daisuke Itagaki, Senior Managing Coordinator TDEM.

Sejak itu, sudah 40 model Hybrid hadir di pasar global. Sebanyak 13 juta unit laku dan ada reduksi emisi 103 juta ton karbon dioksida.

Kini, Toyota Motor Corporation melanjutkannya dengan misi Toyota Environmental Challenge 2050. Tujuannya adalah menghilangkan emisi dari produk, pabrik, logistik pada 2050.

Pembicaraan mengenai mobil ramah lingkungan sendiri sedang menghangat. Pemerintah Indonesia beberapa tahun terakhir juga sedang menyusun regulasi low carbon emission vehicle (LCEV) untuk mendorong perkembangan pasar dan perakitan lokal mobil hybrid dan mobil listrik.

“Memasuki tahun ke 10 dari teknologi elektrifikasi Toyota yang di pasarkan di Indonesia, kami ingin selaras dengan rencana pemerintah untuk semakin meperkenalkan luas kegunaan teknologi ini, salah satunya melalui kegiatan Electrification Day di GIIAS. Kami harapkan semakin banyak yang mengenal teknologi elektrifikasi yang ternyata tidak hanya ramah lingkungan tetapi juga fun to drive,” ujar Anton Jimmi Suwandy, Direktur Marketing TAM. [M123]



Redaksi Mobil123

Redaksi Mobil123

Kami siap menyajikan informasi terbaru dari dunia otomotif baik itu dari sisi industri, teknologi hingga komparasi mobil terbaru. Terus ikuti kami melalui media sosial Facebook (facebook.com/mobil123), Twitter (@mobil123ID) dan Instagram (@mobil123id)


Berita Utama


Komentar