Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Cepat-Tidaknya Mitsubishi Xpander Hybrid Masuk Indonesia Tergantung Beberapa Faktor

Mobil Listrik

Cepat-Tidaknya Mitsubishi Xpander Hybrid Masuk Indonesia Tergantung Beberapa Faktor

JAKARTA – Waktu kedatangan Mitsubishi Xpander hybrid dan Mitsubishi Xpander Cross hybrid ke Indonesia belum bisa dipastikan. Sang pabrikan masih memantau beberapa faktor untuk menentukan waktu yang tepat.

President Director PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) Atsushi Kurita mengakui Thailand untuk saat ini memang lebih diutamakan ketimbang Indonesia untuk menjadi pasar Xpander hybrid dan Xpander Cross hybrid.

Di sana, jenama berlogo juga sudah merencanakan peluncuran dan penjualan Mitsubishi XForce hybrid dalam waktu dekat.

“Di Thailand, ada beberapa kebijakan yang menguntungkan mobil hybrid. (Harga jual mobil hybrid) sangat kompetitif dibandingkan mobil biasa,” ucapnya dalam Mitsubishi Annual Media Gathering pada 1 April 2024 di Jakarta.

Mitsubishi Xpander hybrid

Sekadar mengingatkan, Thailand terpilih menjadi lokasi debut global (world premire) Xpander hybrid plus Xpander Cross hybrid pada Februari 2024 kemarin.

Harga Xpander hybrid termurah selama periode peluncuran ialah 912 ribu baht (Rp396 juta, 1 baht = Rp434,22) dan setelahnya menjadi 933 ribu baht (Rp405,12 juta).

Adapun harga Xpander Cross hybrid termurah pada periode peluncuran 946 ribu baht (Rp410,77 juta), kemudian menjadi 961 ribu baht (Rp417,28 juta).

Lebih lanjut, Kurita menjelaskan bahwa Mitsubishi sedang melihat progres pasar mobil hybrid di Indonesia. MMKSI sebagai agen pemegang merek juga berkoordinasi dengan prinsipal mengenai momen yang pas untuk menghadirkan Xpander hybrid maupun Xpander Cross hybrid ke negeri ini.

Mitsubishi Xpander Cross hybrid

“Kapan kami bawa ke Indonesia, tergantung dari perkembangan mobil hybrid. Saya tidak bisa katakan sekarang kapan kami bisa membawa keduanya. Setidaknya, saya bisa katakana bahwa secara teknis kami menunggu arahan dari prinsipal dan permintaan dari masyarakat Indonesia. Mitsubishi intinya sudah siap dengan mobil hybrid. Hanya menunggu kapan waktu yang tepat,” papar dia.

Diberitakan sebelumnya, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita membeberkan bahwa pemerintah kini sedang mendiskusikan insentif yang lebih banyak untuk mobil hybrid. Sejauh ini, regulator diketahui memang lebih royal memberikan berbagai insentif untuk mobil listrik murni.

Pasar kendaraan elektrifikasi di Indonesia memang sangat didorong oleh mobil hybrid. Menurut data penjualan retail Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), komposisi penjualan kendaraan elektrifikasi terhadap total pasar Januari-Februari 2024 yang berjumlah 148.649 unit sudah mencapai sekitar 9 persen.

Jika dirincikan, komposisi mobil hybrid menyentuh kisaran 6 persen dari pasar mobil nasional. Mobil listrik murni hanya sekitar 2 persen. [Xan]



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang