Toyota Ingin Luncurkan Mobil Hybrid Murah di Indonesia

Berita Otomotif

Toyota Ingin Luncurkan Mobil Hybrid Murah di Indonesia

JAKARTA - Toyota mengaku pihaknya sedang melakukan studi meluncurkan mobil hybrid berharga terjangkau di Indonesia.

Anton Jimmi Suwandy, Direktur Pemasaran PT. Toyota Astra Motor (TAM), menjelaskan bahwa mereka dan prinsipal di Jepang kini sedang ‘menantang’ diri sendiri untuk bisa memberikan harga kompetitif bagi model-model hybrid di pasar Indonesia pada masa mendatang. Pabrikan otomotif yang awalnya merupakan produsen mesin pemintal benang ini ingin mobil-mobil hybrid mereka kelak di Indonesia berharga relatif terjangkau, jika dibandingkan dengan model-model bermesin pembakaran dalam.

“Adanya harga kompetitif pastinya memudahkan transisi dari yang tadinya banyak menggunakan mobil bermesin konvesional ke hybrid, sebelum ke teknologi-teknologi yang lain lagi,” ujar dia merespons pertanyaan Mobil123.com usai peluncuran Interactive Digital Assistant Toyota beberapa waktu lalu di Jakarta.

Pabrikan mobil terbesar sejagad itu sendiri berencana meluncurkan C-HR hybrid pada 2019. Anton tidak menjelaskan apakah sport utility vehicle (SUV) berteknologi maju ini sudah bisa menerapkan harga terjangkau yang ia maksud, atau itu baru bisa terjadi pada model-model ramah lingkungan Toyota selanjutnya.

Toyota, seperti diakui Anton, telah memiliki perencanaan produk hybrid yang untuk pasar roda empat Tanah Air.

“Saya enggak bisa sebutkan modelnya. Tapi pastinya model-model hybrid akan kami perkenalkan secara bertahap ke depannya,” tandas dia.

Pemerintah, di sisi lain, sedang menyusun regulasi low carbon emission vehicle (LCEV) yang antara lain berisi insentif pajak bagi mobil hybrid plus mobil listrik. Regulator sudah memastikan salah satu insentif adalah skema pajak penjualan barang mewah (PPnBM) baru berdasarkan emisi gas buang, bukan lagi berdasarkan kapasitas mesin atau jenis kendaraan (sedan/non-sedan).

Bakal ada pula insentif PPnMB 0 persen bagi lokalisasi produksi sepeda motor listrik atau mobil listrik. Peraturan ini diekspektasikan terbit pada Maret atau April 2019.

“Apabila regulasi pemerintah nantinya sudah keluar, itu pastinya akan menambah motivasi dan studi kami juga untuk memperkenalkan lebih banyak lagi produk hybrid di Indonesia... Saya rasa peraturan pemerintah nantinya bisa lebih membantu mobil hybrid agar berharga makin terjangkau serta kompetitif dibandingkan kondisi sekarang,” tandas dia.

Bukan cuma Toyota yang mengincar pasar kendaraan hybrid maupun listrik. Ada beberapa merek lain yang juga tak kalah agresif, seperti Nissan yang sudah memastikan akan merilis Nissan Leaf pada 2020. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support