Toyota Kumpulkan Transaksi Rp 1,1 Triliun di Telkomsel IIMS 2019

Berita Otomotif

Toyota Kumpulkan Transaksi Rp 1,1 Triliun di Telkomsel IIMS 2019

JAKARTA - Toyota mengumpulkan transaksi lebih dari Rp 1 triliun selama pelaksanaan Telkomsel Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019 pada 25 April - 5 Mei di Kemayoran, Jakarta. Berbicara model, Avanza facelift adalah yang paling banyak dipesan.

Berdasarkan data dari Fransiskus Soerjopranoto selaku Executive General Manager PT. Toyota Astra Motor (TAM) pada Kamis (9/5/2019), merek mobil terpopuler di Indonesia itu membukukan transaksi Rp 1,1 triliun selama pameran. Tidak disebutkan berapa nilai transaksi mereka pada IIMS 2018, tapi sebagai referensi Toyota menyebutkan bahwa nilai transaksi pada IIMS 2017 menyentuh sekitar Rp 1 triliun.

Adapun total Surat Pemesanan Kendaraan (SPK) terkumpul adalah 3.328 unit. Volume tersebut naik 16 persen dibandingkan IIMS tahun sebelumnya.

 Avanza facelift paling diburu para pengunjung booth Toyota dengan jumlah SPK 1.106 unit. Low multi purpose vehicle (LMPV) ini berkontribusi 33,23 persen dari total pemesanan mobil Toyota di sana.

"Penyelenggaraan IIMS yg berdekatan dengan lebaran merupakan momen tepat untuk kami mendapatkan pesanan kendaraan lebih banyak dari biasanya dan Avanza tetap menjadi pilihan di hati pelanggan," ucap Soerjopranoto.

Model jagoan selanjutnya adalah sport utility vehicle (SUV) Rush. Kembaran Daihatsu Terios ini mencatatkan SPK hingga 821 unit dan berkontribusi 24,67 persen.

Selanjutnya di lima besar ada Kijang Innova (683 unit, kontribusi 20,52 persen), Calya (498 unit, 14,96 persen) disusul Fortuner (258 unit, 7,75 persen).

Toyota merupakan salah satu merek yang tidak melakukan peluncuran produk di Telkomsel IIMS 2019. Empat produk baru mereka sejauh ini yakni All-New Camry, Avanza facelift, C-HR hybrid, plus versi minor change C-HR 1.8-liter diperkenalkan sebelum itu.

Di samping Toyota, partisipan pameran yang sama sekali tidak mengintroduksi model baru dalam pameran antara lain adalah Daihatsu, Mazda, maupun Chevrolet.

Pada kesempatan berbeda, Anton Jimmi Suwandy selaku Direktur Pemasaran TAM mengatakan di tahun bershio babi tanah ini pihaknya akan merilis sekurang-kurang 6 model baru, sama dengan tahun lalu. Anton juga membeberkan bahwa bakal ada satu kendaraan hybrid lagi yang bersiap mereka luncurkan pada 2019 setelah C-HR hybrid.

Sayang, model, waktu, maupun rentang harganya masih ia tutup rapat-rapat. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar