Toyota Corolla Hybrid Konsumsi BBM Lebih dari 21 Km/Liter

Berita Otomotif

Toyota Corolla Hybrid Konsumsi BBM Lebih dari 21 Km/Liter

LOS ANGELES – Toyota Corolla hybrid yang diklaim punya konsumsi bahan bakar minyak (BBM) lebih dari 21 km/liter akhirnya menjalani debut global.

Corolla hybrid mengaspal di Los Angeles (LA) Auto Show 2018 yang dibuka untuk pers pada 28 November. Corolla hybrid muncul dua pekan setelah generasi terbaru Corolla bermesin konvensional diperkenal di Guangzhou International Automobile Exhibition 2018.

Ini adalah varian hybrid pertama bagi Corolla sejak sedan ini meluncur pertama kali pada 1966. Sebagai hybrid, tentu saja keunggulan utamanya adalah efisiensi BBM. Corolla hybrid diklaim mengonsumsi paling tidak 50 miles per gallon atau sekitar 21,25 km/liter (kombinasi).

Hal ini didukung antara lain berkat Toyota Hybrid Synergy Drive yang juga ada di Prius generasi teranyar. Corolla hybrid memadukan mesin bensin empat silinder 1.8-liter dengan dua motor plus baterai listrik.

Gelontoran daya Corolla hybrid mencapai 121 hp. Sebagai pelengkap, ada transmisi Continuously Variable Timing (CVT) dengan planety-gear yang dikontrol secara elektronik untuk akselerasi responsif.

Sebagai sistem penggeraknya menggabungkan mesin konvensional dengan motor listrik, ruang kabin Corolla hybrid tidak menjadi korban. Hal ini karena dua hal.

Pertama adalah platform Toyota New Global Architecture (TNGA) yang tak hanya mampu memfasilitasi sistem penggerak hybrid, tapi juga berkontribusi pada kelincahan serta kenyamanan lebih pada kendaraan. Kedua ialah baterai nickel-metal hydride (Ni-MH) berteknologi Hyper-Prime NickelTM yang mampu menambah performa baterai dengan dimensi lebih kecil serta lebih ringan.

Ukuran baterai yang lebih kecil plus lebih datar memungkinkannya diletakkan di bawah kursi belakang, bukan mengambil lahan bagasi. Bentuk baterai juga membuat kursi belakang dapat dilipat dengan konfigurasi 60/40. Lokasi penempatan baterai berkontribusi pula pada pusat gravitasi kendaraan lebih rendah.

Corolla hybrid memiliki tiga sistem penggerak yakni Normal, Eco, Sport. Mode Sport membuat produksi tenaga lebih agresif sehingga meningkatkan respons dan akselerasi.

Berbicara aspek keselamatan, Corolla hybrid sudah dilengkapi Toyota Safety Sense 2.0 sebagai standar. Fitur itu delapan airbag, Enhanced Vehicle Stability Control, Traction Control, Electronic Brake-force Distribution, Brake Assist, Anti-lock Braking System, Smart Stop Technology, PCS (Pre-Collision System), Full-Speed DRCC (Dynamic Radar Cruise Control), LDA (Lane Departure Alert) w/ Steer Assist, LTA (Lane Tracing Assist), AHB (Automatic High Beam), RSA (Road Sign Assist).

Aspek hiburan juga mumpuni. Corolla hybrid dilengkapi dengan EntuneTM 3.0 Audio with Wi-Fi Connect, Amazon Alexa, and Apple CarPlay. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar