Toyota Corolla Generasi Terbaru Diluncurkan dengan Beragam Keunggulan

Berita Otomotif

Toyota Corolla Generasi Terbaru Diluncurkan dengan Beragam Keunggulan

GUANGZHOU – All-New Toyota Corolla diperkenalkan untuk pertama kalinya di dunia dalam Guangzhou International Automobile Exhibition, Jumat (16/11/2018). Selain desain eksterior dan interior lebih ciamik, mobil ini juga punya fitur keselamatan terkini dari Toyota plus tersedianya varian hybrid.

Corolla diklaim sebagai mobil terlaris sejagad dengan penjualan lebih dari 46 juta unit sejak diperkenalkan pada 1966 silam. Potongan gambar Corolla generasi ke-12 sendiri sempat dirilis oleh Toyota pada awal pekan ini.

All-New Corolla, seperti diumumkan melalui situs resmi Toyota, dibangun di atas platformToyota New Global Architechture (TNGA), khususnya adalah GA-C yang dipakai oleh mobil-mobil kompak dan hanya berpenggerak roda depan. Sedan ini dipersenjatai drivetrain yang dikembangkan agar dapat klop dengan TNGA yaitu mesin bensin 2.0-liter Dynamic Force sebagai salah satu opsi, transmisi otomatis Direct-Shift CVT dan transmisi manual enam percepatan.

Fitur keselamatan All-New Corolla juga makin canggih. Generasi termutakhir dari sedan yang sudah beredar di pasar global  selama 50 tahun tersebut telah dilengkapi Toyota Safety Sense (TSS) keluaran terbaru. Kelengkapan fitur TSS tergantung pasar. Tapi, sebagai gambaran, spesifikasi untuk pasar Amerika Serikat memiliki Dynamic Radar Cruise Control, Lane Departure Alert with Steering Assist, Lane Tracng Assist, Pre-Collision System with Pedestrian Detection for Day and LowLight and Bicyclist in Daytime, Road Sign Assist, Automatic High Beams sebagai standar.

Kompetitor Honda Civic ini terdiri dari dua varian yaitu Sporty (di China bernama Levin) yang memperlihatkan desain bernuansa aktif serta dinamis, juga Prestige sebagai tipe dengan desain lebih elegan. Bodi All-New Corolla sendiri dibuat melalui konsep ‘Shooting Robust’ dengan postur lebih rendah, lebih lebar, lebih berotot, dengan desain lampu depan memanjang nan keren yang mencerminkan hal itu. Sementara, interior digarap melalui konsep ‘Sensuous Minimalism’ yang berkesan lega dengan dasbor panjang minimalis.

Corolla generasi ke-12 memiliki pula varian hybrid yang belum dipaparkan secara mendetail. Inilah varian hybrid pertama Corolla setelah lima dekade hadir.

“Model terbaru ini kami berikan desain memikat mata, enak ditumpangi maupun dikendarai. Dengan meningkatkan faktor-faktor yang unik di dalam mobil ini sekaligus fungsi konektivitas yang memberikannya nilai tambah baru, saya ingin membuat model anyar ini menjadi mobil yang menambah asyik mobilitas konsumen di seluruh dunia,” ucap Yoshiki Konishi, Chief Engineer All-New Corolla.

Soal penyempurnaan fungsi konektivitas yang disebut Konishi bukan sekadar klaim. Di China, sistem konektivitasnya diperkaya onboard Data Communication Module (DCM) yang menjadi bagian dari Toyota Connected. Di pasar ‘Negeri Paman Sam’, layar sentuh 8 inchinya dilengkapi Entune 3.0, Amazon Alexa, hingga Apple Carplay. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support