Toyota Calya Facelift Meluncur Bukan untuk Antisipasi Kehadiran Renault Triber

Mobil Baru

Toyota Calya Facelift Meluncur Bukan untuk Antisipasi Kehadiran Renault Triber

JAKARTA – PT Toyota Astra Motor (TAM) mengkalim bahwa pengembangan Toyota Calya sudah dilakukan sebelum hadirnya Renault Triber.

Renault Triber merupakan model terbaru dari Renault yang memiliki kapasitas 5+2 orang sehingga disebut-sebut akan menjadi pesaing dari Toyota Calya dan Daihatsu Sigra. Mobil tersebut baru dikenalkan pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019.

Kehadiran Toyota Calya facelift yang baru diluncurkan pun kemudian disebut-sebut merupakan bentuk antisipasi Toyota agar tidak kehilangan pasar. Namun, hal tersebut ditampik oleh Anton Jimmi Suwandy, Marketing Director PT TAM. Ia menegaskan bahwa pengembangan yang dilakukan di Toyota Calya dilakukan hanya untuk memenuhi kebutuhan pasar.

“Prinsipnya kami melihat semua ya, tapi yang pertama kami melihat kebutuhan dari pasar. Saat kami merencanakan Toyota Calya, kami belum tahu ada Renault Triber, jadi memang kami fokus untuk memenuhi segmen ini. Tapi kami juga mengantisipasi adanya kompetitor, kami mengasumsikan pasti akan ada model baru yang masuk ke segmen ini,” ungkapnya.

Ubahan yang dilakukan oleh Toyota pun menyebabkan harga Toyota Calya naik, padahal Renault Triber dikabarkan akan memiliki harga bersaing. Namun, Anton menegaskan bahwa kenaikan harga tidak akan memberi dampak terlalu buruk pada penjualan.

“Rasanya harganya masih menarik ya, kenaikannya masih 1-2 jutaan, masih terjangkau. Segmen ini paling banyak adalah kredit, jadi kalau misal pelanggan mengambil cicilan lima tahun dan dibagi-bagi sih rasanya cukup sebanding,” tegasnya. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support