Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

5 Hal Menarik Toyota Rush GR Sport Improvement yang Ungguli BR-V dan Xpander Cross

Panduan Pembeli

5 Hal Menarik Toyota Rush GR Sport Improvement yang Ungguli BR-V dan Xpander Cross

Toyota Rush merupakan salah satu kendaraan yang banyak diminati masyarakat Indonesia. Dengan semakin sengitnya persaingan di segmen low SUV, PT Toyota Astra Motor merilis  New Rush GR Sport dengan beberapa peningkatan tampilan dan fitur.

Penyegaran dilakukan pada desain eksterior dan interior membuat Rush tampil lebih sporty dan tangguh, sehingga tetap diminati masyarakat. Sebagai informasi, Toyota Rush mendominasi whole sales di tahun 2023 lalu dengan raihan penjualan sebesar 39.340 unit atau 22,83% dari market share nasional.

New Rush memiliki 4 pilihan model dengan harga sebagai berikut:

  • New Rush 1.5 G MT Rp284,4 juta
  • New Rush 1.5 G AT Rp295,2 juta
  • New Rush 1.5 GR Sport MT Rp299,75 juta
  • New Rush 1.5 GR Sport AT Rp310,45 juta

Seperti apa perubahan yang hadir pada New Toyota Rush tipe GR Sport tersebut? Simak ulasannya berikut ini.

1. Penampilan Toyota Rush Jadi Serasa Baby Fortuner

Perubahan cukup besar tampak di bagian depan New Rush GR Sport, dengan aksen grill baru. Black Glossy Front Grille Ornament memberikan tampilan muka yang lebih segar dan mewah. Kemudian New Design Black Glossy Front Bumper Spoiler menampilkan kesan yang lebih macho dan tangguh.

Desain grill dan bumper pada Rush versi 2024 ini dibuat dengan gaya mirip seperti Fortuner. Hal ini membuat Rush cocok disebut sebagai Baby Fortuner.

Ubahan lainnya mencakup aksen warna hitam yang mewah diberikan pada bagian Black Outer Mirror dan Black Door Handle. Selanjutnya emblem Dual VVT-i di sepatbor depan dilepas dan digantikan oleh Black Glossy Overfender untuk melindungi seluruh sepatbor.

Desain baru juga hadir pada Black Glossy Side Body Moulding yang penempatannya di pintu digeser lebih rendah, bersama desain baru pada Two-tone Alloy Wheel. Ke bagian belakang, Black Glossy Upper Door Garnish berpadu New Design Black Glossy Rear Bumper Spoiler menampilkan postur tubuh yang lebih macho dan tangguh di belakang.

2. Fitur Multimedia di Interior Turut Ditingkatkan

Tak cuma sisi luar, New Toyota Rush GR Sport juga mendapat update pada interior. Dimulai dari aksen Black Interior Color menghadirkan atmosfer kabin yang lebih premium dan nyaman.

Sentuhan pada panel interior dan door armrest berbahan soft pad hitam, memberikan pengalaman berkendara yang lebih rileks. GR Steering Wheel dan GR Headrest Cover tetap dihadirkan untuk menambah sensasi berkendara yang khas TOYOTA GAZOO Racing.

Lebih lanjut, dukungan multimedia pada Toyota Rush improvement 2024 memakai 9-Inch Audio Screen dengan opening GR logo, agar semakin totalitas dengan aksen racing ala tim balap Toyota itu. Pada update 2024, Toyota tak lupa menyertakan Portable Tire Inflator (12 V) yang juga tersedia pada New Rush GR Sport dan tipe G.

Selebihnya, Toyota mempertahankan fitur unggulan yang jadi andalan di Toyota Rush seperti 8 unit surround sound speaker untuk sistem audio, dan smart entry sehingga penggunanya tidak perlu menekan kunci atau remote. 

Rush GR Sport sudah dilengkapi dengan teknologi Automatic Idling Stop System (IDS), dengan tombol yang terletak di samping tombol Engine Start Stop.

3. Fitur Keselamatan Toyota Rush Cukup Komprehensif 

Keselamatan merupakan aspek lain terkuat dari Toyota Rush. Mobil ini mendapat peringkat bintang 5 dari ASEAN NCAP untuk uji coba kecelakaan, sehingga memiliki sistem perlindungan yang layak. 

Selain rem berteknologi ABS plus EBD berikut emergency brake signal, pada kabin Toyota Rush terbaru juga sudah ada kantung udara berjumlah sampai enam titik. Ada pula vehicle stability Control (VSC) dan hill start assist (HSA) yang otomatis membuat Rush cukup komprehensif dari sisi safety.

4. Setia dengan Mesin 1.5 Liter dan Penggerak Roda Belakang

Mesin yang digunakan Rush generasi kedua ini memang mirip seperti milik Avanza, berkode 2NR-VE dengan kubikasi 1.500 cc. Tenaga yang dihasilkan sebesar 103 ps dan torsi sebesar 136 Nm, walau tidak terlalu besar tapi bis diandalkan untuk berkendara sehari-hari.

Toyota Rush terbaru masih mempertahankan penggerak belakang alias rear wheel drive (RWD) dan transmisi otomatis konvensional 4-percepatan. Secara teori memang mobil RWD menjanjikan pengendalian yang lebih bagus, terlebih saat dibawa dalam jalan menanjak.

Penggerak roda belakang seringkali lebih mampu melewati tanjakan yang cukup terjal. Gaya dorong lebih kuat ketimbang gaya tarik sebagaimana yang ada di penggerak roda depan.

Sementara itu, keputusan Toyota mempertahankan transmisi otomatis konvensional di Rush juga cukup tepat. Pasalnya, matic jenis ini punya kemampuan yang tak kalah perkasa dibanding manual saat menghadapi medan jalan yang cukup terjal.

Kombinasi RWD dengan matic konvensional sesuai dengan karakter SUV yang memberikan fleksibilitas dan durabilitas mengesankan pada berbagai kondisi jalan. Dengan begini pengguna tidak perlu ragu akan keandalannya.

5. Konfigurasi Tetap Tiga Baris Kursi Untuk Tujuh Penumpang

Toyota tetap mempertahankan salah satu core value New Rush yakni daya angkut 7-penumpang, yang sesuai dengan budaya guyub yang kental di Indonesia. Kursi baris kedua Toyota New Rush bisa disesuaikan dengan menggesernya maju dan mundur. 

Akses ke baris ketiga juga semakin mudah karena senderan kursi baris kedua dapat dilipat ke depan. Baris belakang ini sayangnya cuma cocok untuk anak-anak karena ruang kaki tidak terlalu luas, bahkan masih sempit untuk orang dewasa bertubuh pendek.

Kemampuan membawa barang masih memadai dan ruang penyimpanan berlimpah di area kabin.

(YS)



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang