Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Mobil Listrik Kia EV3 Debut Global, Target Harganya Rp500-800 Jutaan

Mobil Listrik

Mobil Listrik Kia EV3 Debut Global, Target Harganya Rp500-800 Jutaan

SEOUL – Kia EV3 diperlihatkan untuk pertama kalinya di dunia. Peluncuran EV3 dijadwalkan berlangsung pada Juli 2024 mendatang.

EV3 menjalani world premiere (debut global) pada Selasa (21/5/2024), dengan seremoni maupun konferensi pers yang disiarkan secara daring (online) untuk para wartawan dari berbagai negara, termasuk Mobil123.com dari Indonesia.

EV3 menjadi model mobil listrik berplatform E-GMP keempat dari Kia di pasar global. Sebelumnya, mereka sudah mempunyai Kia EV6, serta Kia EV9, Kia EV5.

President and Chief Executive Officer (CEO) Kia Motors Corporation Ho-sung Song menyatakan EV3 adalah tahap selanjutnya dari penetrasi merek asal Korea Selatan tersebut di pasar mobil listrik dunia. Kia, menurut Song, ingin menjadi salah satu yang terdepan dalam urusan elektrifikasi.

Kia EV3

“EV6 dan EV9 telah menempatkan Kia di tataran persaingan mobil listrik global. EV3 akan membuat mobil listrik Kia lebih bisa dijangkau oleh konsumen yang lebih luas,” ucap dia dalam seremoni.

Mobil listrik berjenis sport utility vehicle (SUV) kompak itu, kata Song dalam sesi tanya-jawab, rencananya meluncur dulu di Korea Selatan pada Juli 2024. Kia juga bersiap memasarkan EV3 di Eropa mulai kuartal keempat 2024 dan pasar Asia menyusul kemudian mulai awal 2025.

“Target harga kami untuk EV3 adalah 35 ribu-50 ribu dollar AS (Rp560,17-800,25 juta, 1 dollar AS = Rp16.005,10). Kami masih mengusahakan target harga tersebut untuk pasar global. Harga aktualnya bisa saja berbeda, tapi kami menargetkan rentang banderolnya di angka itu,” papar Song.

Spesifikasi dan Kelebihan Mobil Listrik Kia EV3

Kia EV3

EV3, mobil listrik terkini dari Kia, dibangun di atas platform E-GMP gubahan Hyundai Group. Baterainya terbuat dari material Nickel Mangan Cobalt (NMC), dengan kapasitas baterai 81,4 kWh.

Dengan kapasitas sebesar itu, EV3 diklaim mampu memberikan jarak tempuh hingga 560 km non-stop dalam kondisi baterai terisi penuh. Kia membenamkan sistem rapid charging untuk mengisi kapasitas baterai dari 10-80 persen hanya dalam 31 menit.

EV3 dirancang untuk memberikan ruang kabin dan bagasi yang lega, meskipun berdimensi eksterior kompak. SUV listrik yang dapat memuat lima penumpang dewasa ini memiliki bagasi belakang berkapasitas 560 liter, dengan frunk (bagasi depan) berkapasitas 25 liter.

Kia EV3

Teknologi atau pun fitur EV3 cukup mentereng. Malahan, ada teknologi atau fitur yang baru pertama kalinya muncul di sebuah mobil Kia.

Daftar teknologi dan fiturnya antara lain ialah In-vehicle and Outdoor V2L, 30 Inch Wide Screen Display, 12 Inch Head-up Display, Highway Driving Assist 2.0, i-Pedal 3.0, Premium Streaming Service, Harman Kardon Premium Sound System, Kia Connect Store.

EV3 masih pula dilengkapi dengan Kia AI Assistant, Over-The-Air (OTA) Software Update, Relaxation Seat, Blind-spot View Monitor, In-car Navigation, Digital Key 2.0. Wireless Charger. [Xan]



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang