Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Tesla Cybertruck Berbahaya Bagi Pejalan Kaki

Berita Otomotif

Tesla Cybertruck Berbahaya Bagi Pejalan Kaki

CANBERRA - Australasian New Car Assessment Program (ANCAP), memperhatikan secara serius terkait desain yang dimiliki oleh Tesla Cybertruck, menurut mereka punya risiko tinggi berakibat fatal jika terjadi kecelakaan yang melibatkan pejalan kaki.

Desain dari kendaraan tersebut memang terbilang antimaintream dibandingkan kompetitornya di segmen tersebut. Namun, desain tersebut pun dicuriagi memiliki bahaya tersendiri ketika mengalami kecelakaan.

James Goodwin, Chief Executive ANCAP mengatakan bahwa desain dan penggunaan plat baja pada Cybertruck memberikan risiko terhadap pengguna jalan. Ia pun mengatakan bahwa Tesla memiliki sejarah lebih mementingkan keselamatan pengemudi dibandingkan pejalan kaki dan pesepeda.

“Memikirkan tentang pengguna jalan disana, mobil ini memiliki bagian depan yang cukup keras dan tidak memberikan area aman untuk pedestrian. Kami memperhatikan bagian kepada kaki pedestrain bila terjadi kecelakaan. Bila terjadi kecelakaan frontal, tampaknya bagian depan mobil akan sangat berbahaya khususnya pada bagian kaki,” ungkapnya.

Tak hanya itu, Goodwin juga mengkhawatirkan plat yang terlalu keras pada Tesla Cybertruck. Meski terlihat cukup menarik karena dapat menahan serangan palu godam, kekuatan tersebut justru dapat berbahaya bagi pengguna mobil bila terjadi kecelakaan.

“Kami berhadap bahwa kendaraan harus dapat menyerap energi tabrakan karena jika tidak menyerap energi maka orang di dalamnya yang akan menanggung beban energi tumbukan tersebut,” ungkapnya.

Tesla saat ini belum menyampaikan apakah Cybertruck akan mengalami ubahan lagi sebelum masuk ke jalur produksi. Namun memang banyak kekurangan dari mobil tersebut seperti tidak adanya wiper di kaca depan, tidak ada lampu sein dan roda yang tampaknya harus diubah sebelum masuk jalur produksi. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Senior Reporter

Pria sederhana ini tinggal Bekasi sebagai warga taat pajak. Meski selalu menghadapi panas matahari atau hujan deras hingga kemacetan luar biasa setiap harinya demi pekerjaan, namun Ia tetap menjalaninya dengan penuh rasa syukur.


Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang