Tesla Bakal Luncurkan Pikap Listrik Futuristik Akhir Bulan Ini

Berita Otomotif

Tesla Bakal Luncurkan Pikap Listrik Futuristik Akhir Bulan Ini

CALIFORNIA - Tesla segera meluncurkan kendaraan listrik model pikap, tepatnya pada akhir November 2019.

Pendiri Tesla Elon Musk, melalui akun resmi Twitternya, membeberkan bahwa pikap listrik Tesla akan meluncur dalam waktu dekat. Ia menyebutnya sebagai ‘Cybertruck’.

“Cybertruck akan diperkenalkan pada 21 November di Los Angeles, dekat dengan pabrik roket SpaceX,” ucap @elonmusk pada Rabu (6/11/2019) waktu California, Amerika Serikat.

Menurut penelusuran Reuters, peluncuran akan terjadi di hari khusus pers pameran Los Angeles Auto Show 2019. Eksebisi itu sendiri bakal dibuka untuk publik mulai 22 November hingga 1 Desember di LA Convention Center.

Belum banyak detail beredar mengenai pikap listrik perdana Tesla. Akan tetapi, pada Januari, Musk sempat mengklaim Cybertruck kelak terlihat seperti ‘kendaraan dari masa depan’.

“Cybertruck tidak tampak seperti apapun yang saya lihat bersliweran di internet. Itu mirip dengan mobil penumpang bersenjata yang datang dari masa depan,” aku dia.

Petunjuk lainnya dari sang konglomerat nyentrik, berdasarkan informasi dari Carscoops, adalah kapasitas penumpangnya yang mencapai enam orang. Sementara itu, towing capacity atau daya angkut pikap nihil emisi gas buang tersebut mencapai 300 ribu lbs (136.077 kg).

Musk, yang sempat membuat heboh karena menghisap ganja di siaran langsung, beberapa waktu lalu menyatakan pula harga jual pikap listrik Tesla bisa di bawah 50 ribu dollar AS (Rp 702,01 juta).

Jika informasi mengenai banderol itu benar, Cybertruck nantinya lebih terjangkau daripada sesama pikap listrik Rivian R1T. bahkan, harganya sebanding dengan pikap-pikap bermesin konvensional.

Tesla memang ingin menyaingi pikap-pikap bermesin pembakaran internal (internal combustion engine/ICE) semisal Ford F-150 yang amat populer di pasar ‘Negeri Paman Sam’. Di dalam rapat pemegang saham Tesla tahun ini, Musk mengatakan F-150 merupakan pikap luar biasa dan Cybertruck nantinya akan melebihi atau setidaknya menyamai kemampuannya.

“Jika F-150 bisa melakukannya, maka pikap milik Tesla akan bisa juga,” tegas dia.

F-150, bersama-sama dengan Chevrolet Silverado, merupakan dua pemimpin di segmen pikap kabin ganda Amerika Serikat. Ada pula produk dari produsen mobil listrik lain yakni Rivian R1T. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support