Tesla Model 3 dan Tesla Model X, Dipakai Kalangan Artis Hingga Perusahaan Taksi

Panduan Pembeli

Tesla Model 3 dan Tesla Model X, Dipakai Kalangan Artis Hingga Perusahaan Taksi

JAKARTA – Tesla merupakan salah satu mobil listrik paling sukses di dunia dan cukup populer di Indonesia, sudah digunakan oleh kalangan artis juga perusahaan taksi.

Tesla tentu memiliki beragam keunggulan, di antarnya adalah beragam fitur mobil listrik modern mulai dari teknologi pengisian daya cepat hingga teknologi otonom. Dengan segala keunggulannya tersebut, Tesla layak disebut sebagai salah satu perusahaan otomotif yang memiliki teknologi terdepan.

Kecanggihan teknologi Tesla pun semakin lama semakin mendunia dan Indonesia sudah mulai merasakan hal tersebut. Sayangnya hingga berita ini dibuat, Tesla belum masuk ke Indonesia melalui APM resmi.

Meski belum ada APM resmi, Tesla telah hadir melalui beragam importir umum di Indonesia. Prestige Motors adalah salah satunya. Layaknya sebuah APM resmi, Mereka bahkan telah meluncurkan Tesla Model 3 secara resmi di Indonesia pada September 2019.

  • Tesla Model 3

Walau dibanderol dengan harga di atas 1 miliar, Model 3 merupakan salah satu model paling murah Tesla. Meski demikian, teknologi yang ditawarkan mobil ini terhitung menarik dan cukup lengkap.

Salah satu fitur yang paling diunggulkan adalah adanya sistem Enhanced Autopilot yang berfungsi untuk membuat mobil berkendara secara otonom. Dengan demikian pengemudi bisa melepas kemudi dan mempercayakan sepenuhnya kepada mobil. Namun, pengemudi tetap bisa mengambil alih kemudi atau mengintrupsi sistem berkendara otonom ketika dirasa kondisi tidak aman.

Tak hanya itu, biaya penggunaannya juga diklaim sangat murah. Prestige Motorcars menjelaskan bahwa tarif listrik untuk pengisian baterai hingga penuh dengan estimasi waktu 4 jam hanya sekitar Rp 70 ribu.

Artis yang menjadi pelopor dan secara terbuka memamerkan Tesla Model 3 di akun Instagramnya adalah Deddy Corbuzier . Tercatat pada postingan di September 2019, Ia mengklaim bahwa dirinya adalah orang pertama di Indonesia yang membeli mobil ini.

“The first #teslamodel3 midnight silver in Indonesia finally arrived! Rasanya kayak nyetir smartphone. Also, the first car yang enggak kena ganjil-genap,” tulisnya.

Saat ini Tesla Model 3 sudah banyak pilihannya di Mobil123.com. Dalam beberapa iklan disebutkan bahwa mobil ini dijual dengan harga mulai dari Rp 1,5 miliar.

  • Tesla Model X

Selain digunakan oleh selebriti, Tesla juga digunakan oleh perusahaan transportasi. Blue Bird adalah perusahaan pertama di Indonesia yang menggunakan Tesla Model X sebagai salah satu armada taksinya.

Perusahaan taksi dengan logo burung berwarna biru tersebut memboyong 4 unit Tesla Model X. Keempat mobil tersebut didatangkan langsung ke Tanah Air secara utuh dari Inggris yang sama-sama menggunakan alat kemudi di sebelah kanan.

“Kami sangat bangga menjadi pioneer dalam menghadirkan kendaraan listrik di industri transportasi Indonesia. Sebagai perusahaan transportasi yang telah beroperasi selama lebih dari 46 tahun, Blue Bird terus melakukan inovasi dan terobosan baru di Indonesia,” ucap Noni Purnomo, Presiden Direktur Blue Bird Group Holding.

Tesla Model X pun telah ditawarkan oleh sejumlah importir umum di Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan sejumlah iklan Tesla Model X di Mobil123.com. Setidaknya ada 25 mobil Tesla Model X baik dalam kondisi baru dan bekas yang diiklankan di Mobil123 dengan kisaran harga Rp 3 miliar.

  • Keuntungan Mobil Listrik

Meski harganya terbilang mahal, ada banyak keuntungan dari menggunakan mobil listrik. Salah satunya adalah pembebasan pajak balik nama kendaraan listrik yang diberikan oleh Pemerintah DKI Jakarta.

Hal ini tertuang dalam Peraturan Gubernur Nomor 3 Tahun 2020, yang memuat kebijakan Insentif Pajak Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBN-KB) Atas Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (Battery Electric Vehicle) untuk Transportasi Jalan. Aturan tersebut ditandangani Anies Baswedan, Gubernur Provinsi DKI Jakarta.

“Pemprov DKI menjadi Pemerintah Provinsi pertama yang mengeluarkan peraturan pembebasan BBN-KB. Jadi, terhitung mulai tahun 2020, kegiatan jual beli, tukar menukar, hibah, warisan, kendaraan motor berbasis listrik, baik roda empat maupun roda dua, diberikan pembebasan pajak bea balik nama," ujar Anies.

Kebijakan ini berlaku untuk kendaraan pribadi maupun umum baik roda dua maupun roda empat. Syaratnya, harus murni kendaraan listrik yang menggunakan baterai sebagai sumber dari daya penggeraknya.

“Kendaraan bermotor listrik berbasis baterai adalah kendaraan yang digerakkan dengan motor listrik dan dapat pasokan sumber daya listrik dari baterai baik dari kendaraannya atau pun dari luar. Dan kebijakan ini tidak berlaku untuk jenis kendaraan Hybrid ataupun kendaraan semi listrik. Jadi, hanya kendaraan bermotor yang 100 persen menggunakan listrik berbasis baterai,” pungkas Gubernur Anies. [Adi/Idr]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar