Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Terjadi Lagi, MotoGP Amerika dan Argentina 2021 Ditunda

Berita Otomotif

Terjadi Lagi, MotoGP Amerika dan Argentina 2021 Ditunda

DOHA - Dorna merilis jadwal baru MotoGP 2021 yang telah direvisi dan mengulang tragedi tahun lalu.

Masih terlintas di ingatan saat awal 2020 silam, dunia dilanda pandemi covid-19. Hal ini meruntuhkan banyak bisnis termasuk ajang balap motor MotoGP. Pada awalnya negara-negara penyelenggara seri MotoGP memutuskan untuk menunda balapan dengan harapan bisa menghadirkannya di lain waktu.

Namun perkembangan virus corona di seluruh dunia semakin menyeramkan. Banyak negara mengalami kenaikan jumlah pengidap corona sehingga tidak berani mengambil risiko untuk kedatangan tamu dalam jumlah besar, khususnya rombongan pembalap dan seluruh kru tim MotoGP.

MotoGP 2020 yang seharusnya digelar pada Maret, terpaksa ditunda hingga batas waktu yang belum bisa ditentukan. Hal ini tentunya mematahkan perasaan para pembalap, tim hingga para penggemar. Tidak ada satupun kegiatan olahraga yang diperbolehkan karena banyak negara melakukan lockdown guna mencegah penyebaran virus.

Seri pertama tahun lalu baru terselenggara pada Juli 2020. Dorna sendiri memutuskan untuk menggelar balapan di benua Eropa saja. Selain itu, di dalam sirkuit pada setiap serinya hanya diperbolehkan menghadirkan 1.000 hingga 1.500 orang saja. Tentunya gelaran balap tanpa penonton dan membuat suasana setiap serinya terasa hambar.

Semua pihak berharap bahwa pada 2021, balapan akan berlangsung normal. Namun sayangnya harapan tidak sesuai dengan kenyataannya, karena virus corona gelombang ketiga berlangsung lebih mengerikan dan jumlah korban semakin banyak.
MotoGP Portugal 2021

Indikasi bahwa MotoGP 2021 akan berlangsung sama seperti tahun lalu sudah mulai terendus. Terlebih saat Malaysia mulai gamang untuk menggelar sesi tes pramusim. Setelah mengadakan pertemuan beberapa dan mempertimbangkan keselamatan bersama, Sepang mundur dari penyelenggara sesi tes pramusim 2021.

Sebagai gantinya Qatar menyodorkan diri dengan waktu hanya berselang beberapa hari saja sebelum seri pertama. Lalu petaka selanjutnya datang dari benua Amerika yang kembali melakukan lockdown untuk memutus rantai penyebaran virus. MotoGP Amerika dan Argentina 2021 dipastikan mundur sementara sebagai penyelenggara. Pihak penyelenggara dan Dorna masih mencari waktu yang tepat dan memungkinkan untuk dua seri tersebut.

Sebagai gantinya, MotoGP Qatar 2021 akan digelar sebanyak dua seri secara berurutan. Balapan malam di Timur Tengah tersebut akan diselenggarakan pada 28 Maret dan 04 April 2021. Lalu para rombongan bertolak menuju sirkuit Portimao, Portugal untuk kembali unjuk gigi di sana pada 18 April 2021.

Selain dua kabar di atas (penundaan GP Amerika & Argentina juga masuknya Portimao), jadwal balapan masih sama seperti pengumuman sebelumnya. Namun sekali lagi jadwal tersebut belum mutlak karena hingga saat ini belum bisa dipastikan kapan pandemi akan berakhir.

Di antara seluruh sirkuit yang masuk ke dalam jadwal resmi MotoGP 2021, KymiRing di Finlandia masih belum mendapatkan homologasi dari Dorna. Sehingga pihak sirkuit masih harap-harap cemas bisa menggelar balapan atau tidak.

Kondisi KymiRing sendiri tidak ubahnya dengan sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat. Bedanya sirkuit di FInlandia tersebut sudah masuk ke dalam list penyelenggara, sementara Mandalika masih berstatus sebagai cadangan.

Semua pihak berharap MotoGP 2021 bisa berlangsung normal seperti sediakala. Karena imbas pandemi covid-19, banyak pihak yang mengalami kerugian dan membuat bisnis ini semakin mengkhawatirkan. Semoga saja ada kabar baik di masa mendatang sehingga parade MotoGP bisa kembali normal. [Dew/Ari]

Jadwal MotoGP 2021

  • Maret 28: Doha Qatar
  • April 04: Doha Qatar
  • April 18: Portimão Portugal
  • Mei 02: Jerez Spanyol
  • Mei 16. Le Mans Perancis
  • Mei 30: Mugello Italia
  • Juni 6: Barcelona Spanyol
  • Juni 20: Sachsenring Jerman
  • Juni 27 Assen Belanda
  • Juli 11: KymiRing Finlandia
  • Agustus 15: Red Bull Ring Austria
  • 29 Agustus: Silverstone Inggris
  • September 12: Aragón Spanyol
  • September 19: Misano Italia
  • October 03: Motegi Jepang
  • October 10: Buriram Thailand
  • October 24: Phillip Island Australia
  • October 31: Sepang Malaysia
  • 14 November: Valencia Spanyol
 


Denny Basudewa

Denny Basudewa

Reporter

Cowok kelahiran Bogor, Jawa Barat ini gemar mendalami seluk beluk dunia otomotif. Dunia jurnalistik telah menjadi passion hidupnya sehingga ingin terus memberikan informasi seputar otomotif pada masyarakat.


Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang