Mas Menteri Desak Pengerjaan Sirkuit Mandalika Dipercepat

Berita Otomotif

Mas Menteri Desak Pengerjaan Sirkuit Mandalika Dipercepat

JAKARTA – Sandiaga Uno selaku Menteri Pariwisata dan Ekonomo Kreatif menetapkan tenggat waktu penyelesaian proyek Sirkuit Mandalika.

Menteri muda yang kerap disapa Mas Menteri tersebut mengutarakan hal di atas setelah berdiskusi dengan Basuki Hadimulyo selaku Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Dikatakan bahwa Mandalika merupakan salah satu destinasi super prioritas yang sedang dikembangkan infrastrukturnya.

Mandalika didesak untuk segera merampungkan pekerjaan sirkuit internasional tersebut pada Juli 2021. Tenggat waktu yang ditetapkan Pemerintah sendiri lebih longgar daripada yang ditetapkan oleh Dorna yakni Juni 2021. Jika sirkuit Mandalika tidak bisa menyelesaikan tugasnya sebelum waktu yang ditentukan, maka MotoGP 2021 mencoret Indonesia sebagai tuan rumah.

Sirkuit Mandalika hanya bisa berharap untuk menggelar World Superbike 2021 karena akan digelar pada Oktober mendatang. Boss Dorna yakni Carmelo Ezpeleta sendiri akan menyambangi Indonesia untuk memeriksa kesiapan Mandalika.
Sirkuit Mandalika
“Menyampaikan sejumlah perkembangan terkait pembangunan lima destinasi super prioritas (DSP), antara lain Danau Toba, Labuan Bajo, Borobudur, Mandalika dan Likupang. Termasuk juga perkembangan kesiapan ajang MotoGP di Indonesia yang akan digelar di Mandalika pada Oktober. Kami harap sirkuit dan fasilitas penunjang MotoGP di Mandalika bisa rampung sebelum Juli, saat kunjungan kedua dari Dorna,” tulis Sandiaga di akun sosial medianya.

Sementara pada akun ITDC beberapa waktu lalu menyampaikan bahwa proses pembangunan sudah 42.98 persen di Januari 2021. Proses pengerjaan sirkuit sendiri terus dikawal. Selain itu, bandara Zainudin Abdul Madjid juga akan diperluas dan infrastruktur penjunjang sedang dirampungkan. Mereka menjanjikan bahwa sebelum kunjungan kedua Dorna, seluruh proses telah rampung.

Sirkuit internasional Mandalika sendiri menggunakan banyak pihak dalam pembangunannya. Bahkan bahan-bahannya diimport dari luar negeri seperti aspal dari Inggris, sistem drainase dari Perancis dan banyak lagi. Desain sirkuit sendiri dirancang oleh Herman Tilke yang merupakan asal Jerman.

Sirkuit jalan raya Mandalika memiliki panjang 4.3 kilometer dengan 17 tikungan. Sirkuit tersebut berada di kawasan wisata yang berada di pesisir pantai sehingga menampilkan pemandangan yang sangat indah. [Dew/Ari]



Denny Basudewa

Denny Basudewa

Cowok kelahiran Bogor, Jawa Barat ini gemar mendalami seluk beluk dunia otomotif. Dunia jurnalistik telah menjadi passion hidupnya sehingga ingin terus memberikan informasi seputar otomotif pada masyarakat.


Berita Utama


Komentar