Sudah jadi Juara Dunia MotoGP, Joan Mir Tetap Idolakan Valentino Rossi

Berita Otomotif

Sudah jadi Juara Dunia MotoGP, Joan Mir Tetap Idolakan Valentino Rossi

VALENCIA – Joan Mir menjadi juara dunia MotoGP 2020 namun tetap tidak membuatnya kehilangan respek terhadap idolanya yakni the one and only Valentino Rossi.

Pembalap Suzuki Ecstar tersebut menjadi juara dunia di musim yang sangat singkat. Pandemi covid-19 yang melanda sejak awal musim, membuat jadwal balapan diundur dan banyak negara penyelenggara mengundurkan diri.

Joan meraih gelar juara dunia dengan hanya 1 kemenangan dan beberapa kali finish di podium. Faktor yang paling berpengaruh untuk memberikan jalan mulus baginya mendapatkan titel, adalah absennya Marc Marquez sejak awal musim. Meskipun kurang dihargai, namun gelar juara dunia tetap melekat pada Joan Mir.

Meskipun telah menjadi juara dunia, namun Ia tetap memegang teguh prinsip hidup. Salah satunya adalah selalu berkerja keras untuk mendapatkan sesuatu. Salah satu motivasinya untuk meraih hasil terbaik adalah idolanya di MotoGP yakni Valentino Rossi.

Joan mengidolakan Valentino sejak dan hingga saat ini rider asal Spanyol tersebut tidak pernah melewatkannya. Rossi adalah alasan Joan Mir memutuskan untuk meniti karir sebagai pembalap profesional.
Joan Mir Juara dunia
“Saya tidak punya poster pembalap, saya hanya memiliki koleksi miniatur motor Valentino Rossi di rumah. Ketika masih kecil, saya sangat ingin mengoleksinya. Saya masih memilikinya hingga saat ini karena tidak pernah memindahkannya,” ucapnya seperti dikutip Motorsport.com.

Menjadi seorang juara dunia tidak lantas membuatnya jumawa. Ia masih tetap mengidolakan seorang Valentino, meskipun saat ini keduanya bertarung di kejuaraan dan level yang sama. Dengan kemampuannya mengatasi motor hingga menjadi juara dunia, bukan tidak mungkin di masa depan,  Joan mampu mengukir prestasi yang sama bahkan melampaui idolanya.

Pada MotoGP 2021, Joan akan berhadapan dengan rekan satu timnya sendiri dalam perebutan gelar. Berkaca dari kesuksesan Joan, Alex Rins tentunya mendapat motivasi tambahan. Selain itu, Joan juga akan mendapat tantangan dari pembalap lain.

Dengan adanya aturan mengenai larangan pengembangan mesin, maka setiap tim memiliki peluang untuk menyodok ke depan. Terbukti pada MotoGP 2020, sembilan nama berbeda berhasil memenangkan balapan. [Dew/Ari]



Denny Basudewa

Denny Basudewa

Cowok kelahiran Bogor, Jawa Barat ini gemar mendalami seluk beluk dunia otomotif. Dunia jurnalistik telah menjadi passion hidupnya sehingga ingin terus memberikan informasi seputar otomotif pada masyarakat.


Berita Utama


Komentar