Berguguran, Buriram dan Brno Mundur dari MotoGP 2021

Berita Otomotif

Berguguran, Buriram dan Brno Mundur dari MotoGP 2021

JAKARTA – Thailand dan Republik Ceko akhirnya memilih mundur dari perhelatan MotoGP 2021 karena virus corona yang masih merajalela.

Sejak diumumkan awal bulan lalu, Brno memang sudah mencabut tanggal penyelenggaraan MotoGP 2021. Maka dalam jadwal sementara MotoGP, tidak ada nama Brno dalam agenda. Lalu belakangan pihak sirkuit menyatakan bahwa mereka tidak akan menggelar balapan jenis apapun selama 2021. Artinya MotoGP Brno akan absen tahun ini sebagai penyelenggara.

Tidak ubahnya dengan sirkuit Buriram, Thailand, MotoGP 2021 juga tidak akan menyambangi negeri Gajah Putih tersebut. Kontrak selama lima tahun yang telah terjalin antara pihak sirkuit dengan Dorna, terpaksa ditunda karena pandemi yang belum berakhir.

Kontrak yang seharusnya berjalan mulai 2021 – 2025, mundur menjadi 2022 – 2026. Adapun nilai kontraknya itu sendiri mencapai 900 juta bath atau sekitar Rp 420 miliar.

Brno bukanlah pemain baru di MotoGP layaknya Buriram. Tahun lalu, Brad Binder dari tim KTM Factory berhasil memenangkan balapan. SIrkuit ini juga menjadi lokasi yang disukai oleh beberapa pembalap dunia.

“Kami memiliki pengalaman bertahun-tahun dalam menyelenggarakan kompetisi kejuaraan dunia dan kami sangat memahami ekonomi. Tidak ada acara olahraga atau budaya penting dunia yang secara ekonomi dapat diselenggarakan tanpa dukungan publik yang tepat,” ucap Ivana Ulmanova, Direktur Automotodrom Brno, Republik Ceko.

Sementara Brno sudah dihapus dari agenda MotoGP 2021, Buriram hingga saat ini belum resmi mundur, setidaknya sampai Dorna mengeluarkan pengumuman resmi.

Buriram bergabung dengan Dorna pada 2018 dan pada 2019, mereka mencatat jumlah penonton terbanyak dalam satu musim yakni 226. 655 orang. Jumlah tersebut mendatangkan uang sebanyak 3.45 miliar Baht atau sekitar Rp 1.6 triliun kepada penyelenggara.

Meskipun mendatangkan uang dalam jumlah besar untuk penyelenggara, namun Pemerintah Thailand tidak ingin mengambil risiko. Virus corona yang masih menghantui membuat mereka memutuskan untuk mundur dari gemerlap dan hingar bingar MotoGP 2021.

Sebelumnya Amerika Serikat dan Argentina sudah mundur dari MotoGP, namun mereka memutuskan untuk menunda hingga batas yang belum bisa ditentukan. [Dew/Ari]



Denny Basudewa

Denny Basudewa

Cowok kelahiran Bogor, Jawa Barat ini gemar mendalami seluk beluk dunia otomotif. Dunia jurnalistik telah menjadi passion hidupnya sehingga ingin terus memberikan informasi seputar otomotif pada masyarakat.


Berita Utama


Komentar