SPK Toyota Raize Nyaris 3.000 Unit, Siap-siap Inden Lama Jika Pesan

Berita Otomotif

SPK Toyota Raize Nyaris 3.000 Unit, Siap-siap Inden Lama Jika Pesan

JAKARTA – Surat Pemesanan Kendaraan (SPK) Toyota Raize terus bertambah sejak peluncurannya. Namun, saat ini unit yang siap di dealer hanya varian terbawah, sehingga indennya panjang apalagi untuk varian pertengahan dan atas.

Anton Jimmi Suwandy, Direktur Pemasaran PT. Toyota Astra Motor (TAM), mengatakan bahwa SPK Raize per 20 Mei 2021 sudah mencapai nyaris 3.000 unit.

“Total SPK 2.914 unit,” ucapnya kepada Mobil123.com via pesan singkat pada Senin (24/5/2021).

Raize mengaspal bersama ‘saudaranya’ Daihatsu Rocky pada akhir April 2021. Di masa insentif Pajak Penjualan Barang Mewah (PPnBM) 100 persen yang berlangsung pada Maret – Mei, harganya Rp219,9 – 263,7 juta on the road Jakarta untuk yang bermesin bensin 1.0 Turbo.

Toyota Raize 2021

Lebih lanjut, pemesanan terbanyak datang dari tipe kedua dari atas yaitu 1.0 Turbo GR Sport CVT (49,2 persennya). Selanjutnya adalah tipe termewah dan tercanggih yakni 1.0 Turbo GR Sport CVT TSS (35,1 persen).

Di bawahnya menyusul dengan selisih amat jauh tipe 1.0 Turbo G CVT (9,1 persen), 1.0 Turbo G MT (5,8 persen), plus 1.2 G MT dan G CVT (0,8 persen).

Jika melihat data wholesales (distribusi dari pabrik ke dealer) Gaikindo, pada April sudah ada pengiriman 141 unit.

“April baru sedikit wholesales-nya. Jadi konsumen baru Mei ini terima unit,” ujar dia.

Inden Toyota Raize

Seorang tenaga penjual dealer resmi Toyota di Jakarta Selatan, ketika dihubungi Mobil123.com, mengatakan unit yang ada saat ini hanya varian terbawah yakni 1.0 Turbo G. Varian GR Sport luar biasa sedikit dan GR Sport TSS malah belum ada sama sekali.

“TSS enggak ada. Dipastikan tidak ada. Bapak mau ke dealer nasional mana pun mereka pasti enggak punya,” pungkas dia.

“Untuk yang S, di seluruh DKI saja baru ada (suplai) sekitar 15 unit dan itu sudah punya orang semua,” lanjut dia.

Tenaga penjual tersebut tidak bisa memastikan kapan varian 1.0 Turbo GR Sport tersedia di dealernya. Apalagi yang 1.0 GR Sport TSS.

Alhasil, menurutnya, indennya pun bakal lama.

Inden Toyota Raize Lama

“Estimasi yang saya dapat, saat unit GR Sport TSS itu ada, harganya sudah Rp300 jutaan. Ada kemungkinan sudah tak dapat insentif PPnBM,” terang dia menyinggung insentif diskon pajak mobil dari pemerintah yang berlangsung sejak Maret hingga Desember 2021 itu.

Tenaga penjual ini mengaku tidak tahu penyebab minimnya suplai Raize.

Ketika dimintai konfirmasi, Anton Jimmi menyebut memang ada inden untuk Raize. Namun, untuk berapa lamanya, ia masih memeriksa.

“Indennya saya lagi cek. Tentu kami informasukan ke produksi tentang permintaan terakhir. Permintaan memang sejauh ini cukup baik, ya, jadi melebihi produksi yang ada,” papar dia. [Xan]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar