Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Siap-siap, Tilang Elektronik akan Masuk ke Jalan Tol

Berita Otomotif

Siap-siap, Tilang Elektronik akan Masuk ke Jalan Tol

JAKARTA – Setelah jalur Busway, Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) atau tilang elektronik akan digunakan juga di jalan tol.

Tilang elektronik ini akan diuji coba di sejumlah ruas tol di Jakarta pada Oktober 2019. Perangkat ETLE disebut punya fitur baru sehingga lebih cekatan membaca para pelanggar di jalan tol sehingga diharapkan pengguna jalan tol akan lebih disiplin.

Tilang elektronik tersebut akan dapat menjerat pengemudi yang ugal-ugalan atau pelanggar batas kecepatan. Selain itu, fitur baru juga dapat membaca kendaraan truk yang kelebihan muatan alias ODOL (over dimension over load). Kelebihan ETLE lain yaitu membaca kendaraan yang tidak terdaftar atau ‘bodong’.

“Jadi sistem-sistem itu sekarang masih dibuat dan dipelajari dulu, misal bagaimana bisa CCTV tahu kendaraan itu overloading,” ungkap Ajun Komusaris Besar M. Nasir, Kepala Sub Direktorat Penegakan Hukum (Gakkum) Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya.

Ia pun menambahkan bahwa pihaknya dengan PT Jasa Marga akan memfokuskan penempatan CCTV disebar di ruas tol dalam kota. Hanya saja hingga kini masih belum diketahui jumlah CCTV yang akan dipasang.

Seperti diketahui, tilang CCTV telah diberlakukan sejak Oktober 2018 dan pada 1 Juli 2019 fitur lebih canggih yang bisa mengambil gambar sampai ke kabin mobil diterapkan. Menurut Nasir sudah 12 titik kamera terpasang untuk pengawasan tilang CCTV. Sementara itu targetnya ada 81 kamera yang tersebar di seluruh Jakarta.

“Ketika 12 titik sudah berjalan sempurna mampu mengurangi pelanggar, kami akan kembangkan ke seluruh wilayah yang infonya akan menjadi 81 titik di seluruh Jakarta,” pungkasnya. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Senior Reporter

Pria sederhana ini tinggal Bekasi sebagai warga taat pajak. Meski selalu menghadapi panas matahari atau hujan deras hingga kemacetan luar biasa setiap harinya demi pekerjaan, namun Ia tetap menjalaninya dengan penuh rasa syukur.


Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang