Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Semakin Canggih, Tilang Elektronik Bisa Mengidentifikasi Wajah Pengemudi

Berita Otomotif

Semakin Canggih, Tilang Elektronik Bisa Mengidentifikasi Wajah Pengemudi

BONTANG - Polres Bontang tengan menyiapkan tilang elektronik yang dilengkapi dengan teknologi pembaca wajah pengendara dan identitas kendaraan.

Teknologi ini dijarapkan bisa meningkatkan kedisiplinan masyarakat sekaligus memperkuat bukti dari pelanggaran. Hal ini disampaikan oleh Kapolres Bontang melalui Kasat Lantas AKP Imam Syafii beberapa waktu lalu.

“Nanti kami print hasilnya dan disesuaikan dengan alamat. Surat tilang dikirim ke rumah si pelanggar,” ujarnya.

Adapun Tilang elektronik ini akan memanfaatkan rekaman dari kamera Closed Circuit Television (CCTV) yang dipasang di 3 titik Kota Bontang.  Titik pertama berada di simpang 3 jalan Brigjend Katamso (Simpang Jalan Tembus). Titik kedua dipasang di simpang Ramayana di jalan R Soeprapto. Sedangkan titik ketiga berada di Simpang Bontang Baru (RS Amalia).

Saat ini perangkat masih sedang dalam pemesanan. Biaya untuk pembelian alat ini rencananya akan dibebankan dari Polres Bontang dan kerja sama dengan Pemkot.

“Mungkin nanti di Bulan Juli-Agustus mulai uji cobanya,” pungkasnya.

Sebelumnya diberitakan bahwa penerapan tilang elektronik secara Nasional akan dipercepat pelaksanaannya. Percepatan ini perlu segera dilakukan karena merupakan bagian dari program 100 hari kerja Kapolri baru Jenderal Polisi Listyo Sigit.

Kepala Korps Lalu Lintas Polri, Irjen Pol Istiono pun berharap jajarannya mampu memenuhi target tersebut.Rencananya, Kapolri akan melaunching ETLE Nasional di NTMC Polri yang akan digelar pada 17 Maret 2021 bersama 10 Polda, yakni Polda Metro Jaya, Polda Jabar, Polda Jateng, Polda DIY, Polda Jatim, Polda Lampung, Polda Riau, Polda Jambi, Polda Sumatera Barat dan Polda Sulawesi Selatan.

Kakorlantas berharap, dengan penerapan ETLE Nasional ini akan meningkatkan terwujudnya keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas, juga menumbuhkan kesadaran tertib berlalu lintas kepada masyarakat. Hal ini karena situasi lalu lintas akan terus terpantau selama 24 jam.

Terlebih, tilang elektronik ternyata telah berhasil untuk meningkatkan kedisipilinan pengendara kendaraan bermotor. Hal ini terlihat dari data yang ada di Polda Metro Jaya, Polda Jawa Tengah dan Polda Jawa Timur yang telah menerapkan tilang elektronik. Pelanggaran lalu lintas di wilayah yang sudah menerapkan tilang elektronik pun menurun hingga 40,4%. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Senior Reporter

Pria sederhana ini tinggal Bekasi sebagai warga taat pajak. Meski selalu menghadapi panas matahari atau hujan deras hingga kemacetan luar biasa setiap harinya demi pekerjaan, namun Ia tetap menjalaninya dengan penuh rasa syukur.


Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang