Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Fitur Tilang Elektronik di Jakarta Bisa Rekam Wajah Pengemudi

Berita Otomotif

Fitur Tilang Elektronik di Jakarta Bisa Rekam Wajah Pengemudi

JAKARTA – Polda Metro Jaya menanamkan fitur baru dalam tilang elektronik per tanggal 1 Juli 2019.

Fitur baru tersebut mampu membuat pihak kepolisian melihat ke dalam mobil. Dengan demikian, pelanggaran yang biasa dilakukan oleh pengendara mobil seperti tidak menggunakan sabuk pengaman dan menggunakan telepon genggam dapat terekam. Tak hanya itu, wajah pengemudi pun dapat terekam sehingga pelanggar tidak bisa mengelak lagi.

Selama ini, pelanggaran yang bisa terekam pada CCTV memang terbilang cukup terbatas karena hanya mampu menangkap beberapa pelanggaran. Sebut saja menerobos lampu merah dan melanggar marka jalan.

Fitur baru ini sebenarnya sudah dilakukan uji coba sejak satu bulan lalu dan dinilai cukup efektif sehingga penerapan langsung dilakukan. Untuk penilangan sendiri pun akan disamakan dengan penilangan elektronik sebelumnya.

Penilangan ini hanya akan dilakukan sepanjang ruas jalan Sudirman-Thamrin. Namun jumlah CCTV yang terpasang dengan fitur ini masih cukup terbatas. Berdasarkan informasi yang kami dapatkan, hanya ada 10 CCTV memiliki fitur ini.

Tilang elektronik di Jakarta pun terbilang cukup efektif karena jumlah pelanggaran yang terekam terbukti cukup banyak. Sejak diberlakukan pada 1 November 2018 hingga 27 Juni 2018, tercatat sudah ada 12.542 pelanggaran yang terjaring.

Dari jumlah tersebut, 10.802 diantaranya sudah terkonfirmasi melakukan pelanggaran. Pelanggar umumnya adalah kendaraan berplat hitam atau kendaraan pribadi. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Senior Reporter

Pria sederhana ini tinggal Bekasi sebagai warga taat pajak. Meski selalu menghadapi panas matahari atau hujan deras hingga kemacetan luar biasa setiap harinya demi pekerjaan, namun Ia tetap menjalaninya dengan penuh rasa syukur.


Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang