Tilang Elektronik di Sudirman dan Thamrin Baru Berlaku untuk Pelat B

Berita Otomotif

Tilang Elektronik di Sudirman dan Thamrin Baru Berlaku untuk Pelat B

JAKARTA – Tilang elektronik yang sudah hampir sepekan diterapkan ternyata baru berlaku untuk mobil maupun sepeda motor yang nomor polisi Jakarta.

Seperti diberitakan Mobil123.com sebelumnya, Electronic Traffic Law Enforcement (E-TLE) atau yang disebut sebagai tilang elektronik mulai diterapkan secara resmi pada 1 November kemarin, setelah diujicobakan pada bulan sebelumnya. Namun, tilang elektronik baru ada di ruas Jl. Thamrin serta Sudirman.

Lebih lanjut, Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya menjelaskan bahwa saat ini tilang canggih tersebut baru untuk mobil plus motor dengan kode pelat B. Kendaraan-kendaraan di luar pelat B masih ditilang secara manual oleh petugas di lapangan.

Hal ini terkait dengan ketersediaan database yang dimiliki oleh sistem tilang elektronik. Pasalnya, baru kendaraan berpelat B yang ada di sistem.

“Kalau yang non B kami tidak punya,” kata Kombes Yusuf, Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya seperti dikutip dari situs resmi NTMC Polri.

Jika E-TLE berhasil diterapkan di Jakarta, lanjut Yusuf, tidak menutup kemungkinan pada tahun depan data kendaraan dari luar Jakarta akan diintegrasikan ke dalam sistem. Dengan demikian, penindakan melalui tilang elektronik berlaku secara merata.

“Tahun depan kita akan connect dengan Korlantas. Korlantas punya semua data kendaraan di Indonesia. Insya Allah (tahun depan diluar plat B bisa ditindak),” beber Yusuf.

Menyangkut evaluasi uji coba tilang elektronik pada Oktober, dia melihat inovasi Ditlantas Polda Metro Jaya berdampak positif. Jumlah pelanggar lalu lintas di area-area tilang elektronik berkurang.

“Kemarin (uji coba) efektif dari mulai pertama kali, minggu pertama kurang lebih ratusan ya. Kemudian minggu kedua turun bahkan terakhir kemarin sampai terjadi penurunan signifikan. Ini menandakan bahwa masyarakat sudah mengetahui di situ ada kamera. Kamera CCTV sehingga mereka waspada dan tertib,” ujar dia. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar