Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Siap-siap, Tarif Tol Dalam Kota Segera Naik

Berita Otomotif

Siap-siap, Tarif Tol Dalam Kota Segera Naik

JAKARTA – Tarif Ruas Ruas Tol Dalam Kota akan mengalami penyesuaian dalam waktu dekat.

Hal ini disampaikan melalui akun instagram Jasa Marga yang menyebutkan bahwa penyesuaian tarif tol akan segera diberlakukan. Penyesuaian tersebut diklaim sudah sejalan dengan Keputusan Menteri Pekerjaan Umum Dan Perumahan Rakyat (PUPR) Nomor 1231/KPTS/M/2019.

Dalam postingan tersebut disampaikan bahwa penyesuaian tarif itu dilakukan secara berkala setiap dua tahun. Hal tersebut diatur dalam Keputusan Menteri Pekerjaan Umum Nomor 38 Tahun 2004, berdasarkan tarif lama yang disesuaikan dengan pengaruh kumulatif inflasi selama dua tahun.

Penyesuaian tarif tol tersebut bertujuan untuk meringankan beban pengguna jalan tol. Karena apabila tarif tol tetap selama masa konsensi atau tidak ada kenaikan berkala, maka tarif tol pada masa konsesi berikutnya akan menjadi tinggi dan di luar daya beli masyarakat, serta jalan tol tidak bisa memberikan manfaat sebagai jalan alternatif.

Sayangnya, tidak disebutkan berapa besaran kenaikan tarif tersebut dan kepastian waktu pelaksanaannya. Hal ini tentu disayangkan karena masyarakat perlu mempersiapkan diri untuk mengkalkulasi keperluan mereka dalam berkendara. Jasa Marga hanya mengingatkan masyarakat untuk mempersiapkan saldo e-toll agar tidak kurang.

Tol dalam kota terakhir kali mengalami penyesuaian tarif pada 8 Desember 2017 dan mengalami kenaikan sekitar Rp 500- Rp 1.500. Saat ini, tarif kendaraan golongan I mencapai Rp 9.500, golongan II Rp 11.500, Golongan III Rp 15.500, Golongan IV Rp 19.000 dan Golongan V Rp 23.000. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Senior Reporter

Pria sederhana ini tinggal Bekasi sebagai warga taat pajak. Meski selalu menghadapi panas matahari atau hujan deras hingga kemacetan luar biasa setiap harinya demi pekerjaan, namun Ia tetap menjalaninya dengan penuh rasa syukur.


Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang