Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Sebagian Tol Jakarta – Cikampek II Selatan Beroperasi Mulai Lebaran 2020

Panduan Pembeli

Sebagian Tol Jakarta – Cikampek II Selatan Beroperasi Mulai Lebaran 2020

JAKARTA – Sebagian Tol Jakarta – Cikampek II Selatan ditargetkan beroperasi mulai Lebaran 2020 mendatang, tepatnya pada masa arus balik.

Ruas tol untuk digunakan pada Lebaran tahun ini akan bertambah lagi. Menurut Jasa Marga melalui akun Instagram resmi, sebagian Tol Jakarta – Cikampek II Selatan dijadwalkan beroperasi pada momen itu.

Lebaran Idul Fitri 2020 sendiri diprediksi terjadi pada 23 atau 24 Mei mendatang dan di Indonesia hari raya ini diwarnai tradisi pulang ke kampung halaman yang disebut ‘mudik’. Adapun Tol Jakarta – Cikampek II Selatan merupakan proyek penambahan ruas jalan Tol Jakarta – Cikampek selain tol Layang Jakarta – Cikampek II.

“PT Jasamarga Japek Selatan (JJS), anak usaha Jasa Marga yang mengelola jalan tol ini, optimistis 8,7 km (Sadang-Jalan Industri) dari total Paket 3 (Taman Mekar - Sadang) sepanjang 27,85 km tersebut dapat beroperasi fungsional pada arus balik Lebaran 2020,” tulis @official.jasamarga beberapa waktu lalu.

Rinciannya, para pengguna Jalan Tol Purbaleunyi dari arah Bandung menuju ke Jakarta nantinya bisa keluar di Simpang Susun Sadang lalu masuk ke Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan. Mereka kemudian melewati akses Jalan Industri (Curug-Kosambi) dan bisa masuk lagi ke Jalan Tol Jakarta – Cikampek melalui Gerbang Tol Karawang Timur.

Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan sendiri secara total memiliki panjang 62 km. Proyek terdiri dari tiga paket yaitu Paket 1 (Jati Asih - Setu/JORR W2) sepanjang 9,3 km, Paket 2 (Setu - Taman Mekar) sepanjang 24,85 km, plus Paket 3 (Taman Mekar - Sadang) sepanjang 27,85 Km.

Pembebasan lahan untuk Paket 3 hingga 15 Januari 2020 telah mencapai 73,88%, sedangkan progres konstruksinya telah mencapai 12,58%. Paket 1, di sisi lain, masih dalam tahapan penyelesaian Detail Engineering Design dan Paket 2 dalam persiapan tender.

“Jika sudah beroperasi penuh, Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan dapat memangkas waktu perjalanan dari Jakarta menuju Cikampek dari sisi selatan. Selain itu, Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan juga terhubung dengan JORR I, JORR II dan Jalan Tol Cipularang,” tutup Jasa Marga. [Xan/Ari]



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang