Tol Dalam Kota Gratis Selama 18 Jam, Motor Boleh Lewat

Berita Otomotif

Tol Dalam Kota Gratis Selama 18 Jam, Motor Boleh Lewat

Jakarta – Kementerian Pekerjaan Umum dan Permahan Rakyat bersama Kementerian BUMN untuk membebaskan biaya penggunaan Jalan Tol Dalam Kota Jakarta.

Pembebasan biaya ini akan dilakukan selama 18 jam berlaku untuk ruas Jalan Tol Cawang - Grogol - Tomang yang dikelola oleh PT Jasa Marga (Persero) Tbk dan ruas Jalan Tol Cawang - Tanjung Priok – Ancol Timur – Jembatan Tiga – Pluit yang dikelola oleh PT Citra Marga Nusaphala Persada Tbk. Pemberlakukan bebas biaya ini dilakukan mulai Rabu, 1 Januari 2020 puku 18.00 WIB petang ini, hingga Kamis 2 Januari 2020 pukul 12.00 WIB.

Langkah ini dilakukan sebagai bentuk kompensasi kepada masyarakat atas banjir yang terjadi sejak malam tadi. Akibatnya, sejumlah titik jalan tol tergenang dan tidak dapat dilalui.

“Saya minta selanjutnya Jasa Marga dan BUMN lain yang mengelola jalan tol untuk segera melakukan tindakan preventif agar dapat meminimalisir dampak banjir ke jalan tol. Membebaskan biaya penggunaan jalan tol tidak akan mengurangi beban masyarakat karena banjir, namun hal ini adalah sebagai kompensasi kepada pengguna jalan tol yang terdampak musibah ini”ungkap Menteri BUMN Erick Thohir.

Keputusan ini pun didukung oleh seluruh Badan Pengatur Jalan Tol. Meski demikian, operator jalan tol memastikan akan menjaga agar jalan tol dapat tetap dilintasi sehingga perjalanan tidak banyak terganggu.

"Jasa Marga mendukung penuh kebijakan Pemerintah. Selaku operator jalan tol, kami terus berupaya agar pengguna jalan tol tetap merasa aman dan nyaman dengan melakukan penyedotan di beberapa titik genangan air, penyiagaan rambu dan petugas hingga melakukan sosialisasi kepada pengguna jalan mengenai berbagai update informasi mengenai genangan air di jalan tol Jasa Marga,” ujar Desi Arryani, Direktur Utama Jasa Marga.

Tak hanya itu, sejumlah tol juga sudah memberikan akses kepada pengguna sepeda motor. Hal ini dilakukan karena jalan arteri sudah tidak bisa dilalui oleh kendaraan roda dua.

“Saat ini juga di jalan tol yg dikelola oleh CMNP telah dimasuki oleh kendaraan roda dua karena jalan di arteri tidak dapat dilintasi akibat dari banjir yang melanda Jakarta. Kami juga terus berusaha untuk memberikan pelayanan kepada pengguna jalan,” pungkas Djoko Sapto, Direktur Operasional PT Citra Marga Nusaphala Persada, Tbk.



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar