Penjualan Merosot, Hino Tetap Jadi Market Leader

Berita Otomotif

Penjualan Merosot, Hino Tetap Jadi Market Leader

JAKARTA - Kondisi politik yang belum stabil membuat Hino mengalami penurunan penjualan pada kuartal pertama 2019.

Kondisi pasar otomotif Indonesia khususnya di segmen kendaraan niaga diklaim mendapatkan imbas cukup signifikan di tahun politik ini. Jika dilihat dari data Gaikindo pada periode Januari-April 2019, total kendaraan niaga yang terjual yakni 30.855 unit.

Jumlah penjualan kendaraan niaga tersebut diklaim telah turun sebanyak 16 persen di periode yang sama pada tahun lalu. Hino menyakini turunnya penjualan kendaraan niaga disebabkan oleh banyak pengusaha yang ‘wait and see’ untuk berinvestasi di bisnis hingga proses pemilu secara keseluruhan telah usai.

“Kami akui awal tahun ini cukup berat ya. Kami melihat politik tahun ini memiliki pengaruh besar karena tidak membuat konsumen nyaman untuk melakukan pembelian kendaraan niaga. Jika proses pemilu sudah selesai dan tidak ada masalah, kami yakin penjualan akan kembali membaik,” tutur Santiko Wardoyo, Direktur Penjualan dan Promosi PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI).

Jika dilihat dari data penjualan Hino, segmen medium duty truck tetap menjadi andalan sepanjang kuartal pertama 2019. Hino telah mencatatkan penjualan sebanyak 10.528 unit dan berhasil mengamankan posisi market share tertinggi meski kondisi pasar menurun.

Hino Ranger menjadi pemimpin di segmen medium duty truck dengan market share mencapai 62,46 persen. Ranger sendiri telah menjadi market leader selama 19 tahun dan diklaim telah mendapatkan konsumen Indonesia.

Sedangkan untuk segmen light duty truck, Hino mencatatkan market share 21 persen dan diyakini akan terus berkembang.

“Meski kami tetap menjadi market leader, di semester pertama ini penurunan terbanyak ada di segmen kargo 4x2 dan mining 6x4. Kami terus berharap agar semester dua lebih baik dari semester pertama tahun ini,” tambah Santiko.

Model terlaris Hino selama semester pertama kali ini yaitu Ranger 6x2, Ranger FM 260 JD dan Dutro 130 HD. [Amo/Ari]



Amos Arya

Amos Arya

Penyuka otomotif yang ingin mengungkap keunikan dan keseruan seputar otomotif


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support